PELAKSANAAN PENEGAKAN HUKUM LALU LINTAS SECARA ELEKTRONIC TRAFFIC LAW INFORCEMENT TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PENGENDARA DI KOTA BENGKULU

Debby, Setriawati and Herlambang, Herlambang and Antory, Royan (2023) PELAKSANAAN PENEGAKAN HUKUM LALU LINTAS SECARA ELEKTRONIC TRAFFIC LAW INFORCEMENT TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PENGENDARA DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tHESIS)
TESIS DEBBY SETHIAWATI - Yogi Tanjung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Analisis ini bertujuan mendeskripsikan Penegakan hukum lalu lintas secara Elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement) mengubah perilaku kesadaraan pengendara dalam berlalu lintas. Untuk mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan dalam penegakan hukum lalu lintas secara Elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian hukum empiris, dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian yuridis Sosiologis. dalam penelitian ini data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Kemudian data dianalisis secara yuridis kualitatif dengan cara berpikir deduktif-induktif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan (1) penegakan hukum lalu lintas secara Elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement) di kota Bengkulu sejauh ini sudah bisa menekan angka pelanggaran lalu lintas dikarenakan Sitem tilang yang sulit dan sanksi denda maksimal yang diterapkan sangat memberatkan pelanggar, sehingga memberikan efek jera untuk tidak melakukan pelanggaran Lalu Lintas kembali. Penerapan sanksi tilang secara Elektornik (Electronic Traffic Law Enforcement) belum maksimal diterapkan di Bengkulu, hal ini dikarenakan sistem perangkat cctv yang belum terlalu canggih , jumlah personil yang terlibat unutk mengoperasikanya masih kurang, serta jumlah cctv yang terintegrasi dengan tilang secara Elektornik (Electronic Traffic Law Enforcement) juga hanya 1 unit,dan hal yang sangat penting adalah pelanggaran yang terdeteksi hanya sebatas pelanggaran roda empat ke atas sehingga pelanggaran seperti kendaraan roda dua belum dapat diterapkan penindakan dengan tilang secara Elektornik (Electronic Traffic Law Enforcement). (2) adapun upaya mengatasi hambatan dalam penegakan hukum Lalu Lintas secara Elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement) di Kota Bengkulu adalah diterapkannya sanksi Tilang secara Elektronik dengan denda maskimal maka semulanya pengendara ingin melakukan pelanggaran Lalu Lintas maka pengendara akan mematuhi aturan lalu lintas, berdampak pula dengan keamanan dan kenyamanan dijalan oleh pengguna jalan lain, sehingga dari proses penindakan pelanggaran dengan menggunakan tilang secara Elektornik (Electronic Traffic Law Enforcement) tersebut selain dapat menekan angka pelanggaran Lalu Lintas juga mampu mengubah perilaku pengguna jalan untuk lebih sadar hukum lalu lintas di kemudian hari. Kata Kunci : Pelaksanaan, Penegakan Hukum, Perilaku Pengendara, Lalu Lintas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:48
Last Modified: 20 Jun 2024 07:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18472

Actions (login required)

View Item View Item