PENGARUH PEMBERIAN AIR MINUM MENGANDUNG REBUSAN KUNYIT (Curcuma domestica Val) DAN DAUN SIRIH (Piper betle)TERHADAP DEPOSISI LEMAK BROILER

Ferdinand, Simanjuntak and Yosi, Fenita and Urip, Santoso (2022) PENGARUH PEMBERIAN AIR MINUM MENGANDUNG REBUSAN KUNYIT (Curcuma domestica Val) DAN DAUN SIRIH (Piper betle)TERHADAP DEPOSISI LEMAK BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI _FERDINAND SIMANJUNTAK September Oke 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Upaya meningkatkan produktivitas ternak khususnya broiler, banyak peternak biasanya menggunakan feed additive yang banyak dijual di pasaran karena praktis pemberiannya. Pemberian feed additive komersial pada ternak dalam jangka panjang akan meninggalkan residu yang berbahaya pada kesehatan konsumen karena mengandung antibiotika. Penelitian ini menggunakan kunyit (Curcuma domestica Val) dan daun sirih (Piper betle) yang merupakan tumbuhan obat sebagai pengganti feed additive. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pemberian air minum mengandung rebusan kunyit (Curcuma domestica Val) dan rebusan daun sirih (Piper betle) terhadap penurunan deposisi lemak pada broiler. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 November 2020 sampai 5 Januari 2021 di CZAL (Commercial Zone and Animal Laboratory) dan Laboratorium Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). Menggunakan broiler strain Lohman sebanyak 160 ekor. Penelitian ini menggunakan 5 perlakuan dengan 4 ulangan, masing-masing ulangan terdiri 8 ekor. Perlakuannya sebagai berikut : P0 : Air minum tanpa perlakuan, P1 : Air minum diberi rebusan kunyit 8 g dan rebusan daun sirih 8 g/l , P2 : Air minum diberi rebusan kunyit 8 g dan rebusan daun sirih 12 g/l , P3 : Air minum diberi rebusan kunyit 16 g dan rebusan daun sirih 16 g/l, P4 : Air minum diberi rebusan kunyit 16 g dan rebusan daun sirih 20 g/l. Variabel yang diamati adalah lemak abdomen, lemak proventriculus, lemak leher, lemak ventriculus, lemak jantung, lemak sartorial dan lemak total. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA), jika berpengaruh nyata (P<0,05) maka diuji lanjut dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan lemak abdomen berkisar (1,05%-1,07%). lemak proventriculus berkisar (0,04%-0,06%), lemak ventriculus berkisar (0,39%-0,42%), lemak jantung berkisar (0,04%-0,05%), lemak leher berkisar (0,03%), lemak sartorial pada (0,38%-0,41%), Fatty liver score berkisar (1,38- 2,560), dan lemak total berkisar (1,96%-2,03%). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian air minum mengandung rebusan kunyit (Curcuma domestica Val) dan rebusan daun sirih (Piper betle) 8 g/l – 20 g/l tidak dapat menurunkan deposisi lemak abdomen, ventriculus, jantung, proventriculus, sartorial, leher, fatty liver score dan lemak total broiler.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:38
Last Modified: 20 Jun 2024 04:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18477

Actions (login required)

View Item View Item