ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN SAPI PEDAGING DI DESA PENAGO 1 KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU

Astika, Paseli and Jarmuji, Jarmuji and Edi, Soetrisno (2018) ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN SAPI PEDAGING DI DESA PENAGO 1 KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Paseli Astika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ternak sapi, khususnya sapi pedaging memiliki nilai ekonomi tinggi, sebab seekor sapi atau kelompok ternak sapi bisa menghasilkan berbagai macam kebutuhan. Kontribusi merupakan perbandingan antara tingkat pendapatan peternak dari usaha ternak sapi potong dengan tingkat pendapatan rumah tangga dari keseluruhan aktivitas usaha yang dilakukan rumah tangga peternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan rumah tangga peternak sapi pedaging, besarnya sumbangan (kontribusi) pendapatan dari usaha ternak sapi pedaging terhadap pendapatan rumah tangga peternak pada skala usaha yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Penago 1 Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode Simple Random Sampling dan diperoleh 75 oran g peter nak, berdas arkan skala k epemi li kan ≤ 5 UT, 6 -10 UT, dan ≥ 11 UT. Analisis data pendapatan menggunakan analisis deskriptif. Data yang diamati, pendapatan rumah tangga, pendapatan usaha ternak/seluruh pendapatan jual ternak, total produk penambahan jual ternak dan pupuk dikurangi biaya, persentasi kontribusi pendapatan usaha ternak, dilanjutkan dengan jumlah pendapatan hasil produk ternak/ jumlah pendapatan RM x 100, penambahan UT yaitu penambahan nilai ternak (UT) pada akhir tahun, data pendukung (keadaan umum daerah penelitian dan karakteristik Responden). Hasil penelitian menunjukkan hasil dari rata-rata peningkatan jumlah ternak berdasarkan Unit Ternak ( UT) pad a s kala kepemi li kan ≤ 5 set elah 1 tahun yakni da ri ta hun 2017 sampai dengan 2018. Perbandingan antara UT tahun 2017 dengan 2018 yaitu dengan ratarata (0,84) dari jumlah 39 responden. Pada skala kepemilikan 6-10 dengan rata-rata (0,89) dari jum lah 26 responden . P ada skala kep emi li kan 11 ≥ setela h 1 tahun dengan rata-rata (1,675) dari jumlah 10 responden. Kontribusi pendapatan usaha ternak sapi dengan 3 skala kepemilikan yakni dengan skala ≤5 (51,75%), 6-1 0 (53,66%), ≥11 (62,20 %). Semakin meningkatnya jumlah sapi maka pendapatan rumah tangga peternak akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:13
Last Modified: 25 Apr 2019 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18488

Actions (login required)

View Item View Item