Perbedaan Pendampingan Ayah danIbu Bekerja di Sektor Formal dalam Pembelajaran Anak pada Masa Pandemi Covid-19

Silalahi, Febry Reza and Heni, Nopianti and Diyas, Widiyarti (2021) Perbedaan Pendampingan Ayah danIbu Bekerja di Sektor Formal dalam Pembelajaran Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI(2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendampingan Ayah dan Ibu yang bekerja di sektor formal dalam pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19.Lokasi penelitian dilakukan di HKBP Jitra Kota Bengkulu.Penelitian ini menggunakan paradigma fakta sosial dengan teori fungsionalisme struktural.Teori fungsionalisme struktural menekankan kepada keteraturan (order),mengabaikan konflik, dan perubahan�perubahan dalam masyarakat.Konsep-konsep utamanya adalah fungsi, disfungsi, fungsi manifest, dan keseimbangan equilibrium.Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif deskriptif dengan analisis data tabulasi silang dalam bentuk persentase, dengan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling yaitu 31 pasang orang tua yaitu ayah dan ibu yang bekerja di sektor formal dan memiliki anak yang bersekolah daring dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama.Penelitian menghasikan informasi bahwa ibu lebih mendominasi dalam membimbing belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Adanya bentuk peran yang dilakukan Ayah dan Ibu terhadap anak yaitu sebagai pendidik, sebagai teman dan sebagai pengawas. Dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, salah satu usaha yang dilakukan orang tua adalah menyekolahkan anak-anaknya.Peran sebagai teman, orang tua sebisa mungkin meluangkan waktu untuk berkumpul dengan anaknya.Selanjutnya peran sebagai pengawas, orang tua berusaha tetap dapat mengawasi anaknya ketika belajar.Orang tua juga mengawasi tontonan televisi anaknya.Upaya yang dilakukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan formal anak yaitu: pertama, menyediakan fasilitas belajar. Dalam penyediaan fasilitas orang tua menyediakan buku, handphone, laptop, kuota internet, memasukan anak les.Kedua, mengawasi kegiatan belajar dan pengunaan waktu belajar di rumah.Ketiga, mengetahui kesulitan anak dalam belajar. Salah satu cara yang dilakukan oleh orang tua agar mengetahui kesulitan anak dalam belajar adalah dengan mengetahui hasil belajar anak. Keempat, menolong anak mengatasi kesulitannya, orang tua dapat memberikan solusi guna menyelesaikan masalah anak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:34
Last Modified: 21 Jun 2024 02:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18506

Actions (login required)

View Item View Item