ANALISIS KEGIATAN SPONSORSHIP PT.NIM CABANG BENGKULU SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK ROKOK WIN MILD

Fikry Finardi, Adrika and Gushevinalti, Gushevinalti and Wahyu , Widiastuti (2010) ANALISIS KEGIATAN SPONSORSHIP PT.NIM CABANG BENGKULU SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK ROKOK WIN MILD. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Adrika Fykry Finardi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (804kB)

Abstract

Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh PT.NIM Cabang Bengkulu dalam mengenalkan dan memasarkan rokok Win Mild yakni melalui kegiatan sponsorship atau diistilahkan oleh PT.NIM Cabang Bengkulu sebagai kegiatan public promo. Berpijak pada teori Integrated Marketing Communication yang mengakui peran strategis dari setiap bentuk komunikasi dalam kegiatan pemasaran, termasuk peran humas dalam penyelenggaraan kegiatan sponsorship, maka penelitian ini bertujuan untuk : pertama, mengetahui mekanisme PT.NIM Cabang Bengkulu dalam memberikan sponsor kepada pihak penyelenggara suatu event. Kedua, untuk mengetahui bentuk dan batasan keterlibatan pihak PT.NIM Cabang Bengkulu dalam setiap hubungan kerjasama (kontrak) sponsorship. Ketiga, untuk mengetahui model pendekatan komunikasi yang dilakukan PT.NIM Cabang Bengkulu dalam menarik simpati konsumen atau calon konsumen pada saat event berlangsung. Keempat, untuk mengetahui dampak dari kegiatan sponsorship dilihat dari pengetahuan konsumen atau calon konsumen terhadap produk. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, factual, dan akurat mengenai strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT.NIM Cabang Bengkulu melalui kegiatan sponsorship untuk memperkenalkan produk rokok WIN Mild. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui kegiatan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : pertama, kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh PT.NIM Cabang Bengkulu tidak dibawahi langsung oleh bagian humas, akan tetapi dilakukan oleh bagian promosi. Dalam memberikan sponsorship kepada pihak penyelenggara event PT.NIM akan melihat terlebih dahulu segmen pasar yang dituju oleh suatu event. Kedua, sistem kerjasama yang dilakukan yakni dalam bentuk selling penjualan dan memberi syarat kepada pihak penyelenggara event untuk mengkomunikasikan brand dari PT.NIM dengan cara yang menarik. Ketiga, melalui hasil wawancara dengan informan penelitian, diketahui bahwa pemberian sponsorship terhadap penyelenggaraan event sebenarnya dapat membuat konsumen atau calon konsumen menjadi mengenal produk rokok Win Mild. Jadi, kegiatan sponsorship merupakan salah satu pilihan strategi pemasaran yang efektif digunakan untuk mengenalkan suatu produk.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 23:17
Last Modified: 22 Nov 2013 23:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item