PEMBERIAN PAKAN TUNGGAL WORTEL (Daucus carota), SAWI PUTIH (Brassica rapa), DAN KANGKUNG (Ipomoea aquatica) TERHADAP KADAR PROTEIN DAN KARBOHIDRAT JANGKRIK KALUNG (Gryllus bimaculatus

Akbar, Virgo and Heri, Dwi Putranto and Rustama, Saepudin (2018) PEMBERIAN PAKAN TUNGGAL WORTEL (Daucus carota), SAWI PUTIH (Brassica rapa), DAN KANGKUNG (Ipomoea aquatica) TERHADAP KADAR PROTEIN DAN KARBOHIDRAT JANGKRIK KALUNG (Gryllus bimaculatus. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Virgo Akbar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini jangkrik mulai banyak diperjual belikan dipasaran, dan mulai banyak dibudidayakan di masyarakat. Jangkrik begitu banyak diminati oleh para peternak dan komunitas burung kicauan untuk dijadikan sebagai pakan burung kicauan karena dipercaya dapat memperindah kualitas suara burung kicauan. Selain digunakan sebagai bahan pakan burung, jangkrik juga bisa digunakan sebagai pakan ikan dan sebagai campuran pakan ransum untuk ternak unggas. Jangkrik dikenal dengan kadar proteinnya yang tinggi,salah satu yang dapat mempengaruhi kadar protein pada jangkrik yaitu pakan. Penelitan ini bertujuan menganalisis pengaruh pemberian pakan yang berbeda yaitu wortel, sawi putih, dan kangkung terhadap kadar protein dan karbohidrat jangkrik kalung. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 3 (tiga) perlakuan dengan 3 (tiga) ulangan. adapun perlakuan yang dilakukan adalah P1 = pakan wortel (100%),P2 = pakan sawi putih (100%), dan P3 = pakan kangkung (100%). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dan diuji lanjut dengan uji Duncan ’s Mult ipl e R ange (DMR T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan protein pada jangkrik yang paling tinggi didapat pada jangkrik yang diberikan pakan sawi putih (58,15%). Sedangkan untuk kandungan karbohidrat pada jangkrik kalung tidak menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata dari ketiga jenis pakan yang diberikan (5,49% - 5,52%). Disimpulkan bahwa kandungan protein jangkrik kalung yang paling tinggi dihasilkan oleh jangkrik yang diberikan pakan sawi putih. Sedangkan kandungan karbohidrat pada jangkrik kalung tidak ada pengaruh nyata dari ketiga jenis pakan yang diberikan wortel, sawi putih dan kangkung.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:46
Last Modified: 25 Apr 2019 08:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18510

Actions (login required)

View Item View Item