METODE PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL HABIBILLAH (Studi Kasus Di Raudhatul Athfal Habibillah Pekik Nyaring)

MAIMUNAH, IIN and Sri, Handayani Hanum and Heni, Nopianti (2021) METODE PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL HABIBILLAH (Studi Kasus Di Raudhatul Athfal Habibillah Pekik Nyaring). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI IIN MAIMUNAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pembelajaran di Raudhatul Athfal Habibillah Pekik Nyaring. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang peneliti lakukan dengan mengamati aktivitas saat kegiatan belajar mengajar, wawancara dilakukan secara semi terstruktur yaitu tanpa memberikan alternatif jawaban mengenai metode pembelajaran yang guru terapkan, dan dokumentasi sebagai penguat dalam penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori tindakan sosial sebagai alat analisis. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 5 orang guru berdasarkan pada kriteria informan yaitu guru yang sudah mengajar selama minimal 10 tahun sejak berdirinya Raudhatul Athfal Habibillah pada tahun 2001 sampai dengan sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran di Raudhatul Athfal Habibillah yaitu menggunakan metode pembiasaan, metode bernyanyi, metode hadiah dan hukuman, metode keteladanan, metode bercakap-cakap, metode demonstrasi, dan metode pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:02
Last Modified: 21 Jun 2024 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18512

Actions (login required)

View Item View Item