PENGARUH PEMBERIAN PUPUK FESES SAPI DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) DI KABUPATEN KEPAHIANG

Sulaiman, Wisnu Abdi and Dwatmadji, Dwatmadji and Tatik, Suteky (2018) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK FESES SAPI DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) DI KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WISNU_E1C014111.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ketersediaan akan pakan hijauan pada saat ini semakin terbatas dengan semakin sempitnya lahan pakan hijauan dengan pertumbuhan pembangunan dan jumlah penduduk Indonesia. Pengembangan hijauan pakan berupa budidaya rumput hijauan pakan seperti rumput Odot (Pennisetum purpureum Cv. Mott) merupakan salah satu yang perlu dilakukan untuk kebutuhan pakan ternak. Rumput Odot merupakan rumput unggul yang mempunyai karakteristik batang yang lebih lembut dan ruas batang yang lebih pendek dibandingkan dengan rumput gajah lainnya. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pertumbuhan dan produksi rumput Odot (Pennisetum purpureum Cv. Mott) dengan pemberian dosis yang berbeda. Dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang terdiri dari 4 perlakuan P0 (Kontrol), P1(pupuk feses sapi 10 ton/ha), P2 (pupuk feses sapi 15 ton/ha) dan P3 (pupuk feses sapi 20 ton/ha) setiap perlakuan terdiri dari 6 ulangan dan mulsa kulit kopi setebal 2 cm. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Oktober 2017 sampai Januari 2018 bertempat di Desa Tugu Rejo, Kec. Kabawetan, Kab. Kepahiang Prov. Bengkulu. Variabel yang diukur tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah anakan, produksi hijauan dan produksi bahan kering rumput Odot (Pennisetum purpureum Cv. Mott) dilakukan di Laboraturium Institut Pertanian Bogor. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlakuan pemberian pupuk feses sapi dengan dosis 15 ton/ha dan penebaran mulsa kulit kopi lebih baik terhadap lebar daun, jumlah anakan dan bahan kering daun rumput Odot (Pennisetum purpureum Cv. Mott).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 25 Apr 2019 09:03
Last Modified: 25 Apr 2019 09:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item