PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN ANAMAN LAMTORO (Leucaena leucocephala) DI TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA

Badhuriati, Yunis and Hidayat, Hidayat and Edi, Soetrisno (2018) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN ANAMAN LAMTORO (Leucaena leucocephala) DI TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
20180724 SKRIPSI YUNIS BADHURIATI E1C014085 FAKULTAS PERTANIAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (894kB)

Abstract

Hijauan pakan merupakan bahan pakan ternak ruminansia yang digunakan oleh ternak untuk mencukupi kebutuhan hidup pokok, pertumbuhan, produksi, dan reproduksinya. Ketersediaan hijauan dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik sangat menentukan produktivitas ternak ruminansia. Lamtoro merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai pakan ternak yang berprotein tinggi mencapai 29% dan dapat tumbuh mencapai tinggi pohon 8-15 m serta berumur tahunan (17-32 tahun). Sementara ketersediaan lahan untuk pengembangan tanaman hijauan pakan semakin berkurang akibat semakin meluasnya pemukiman penduduk, industri, dan aktivitas pertambangan. Lahan bekas tambang pada umumnya mempunyai sifat fisik, kimia, dan biologi yang buruk, sehingga dibutuhkan strategi yang dapat mengembalikan kualitas tanah tersebut salah satunya adalah dengan penggunaan pupuk hayati mikoriza, mikoriza memiliki peranan penting untuk melindungi tanaman dari serangan patogen, dan kondisi tanah serta lingkungan yang kurang kondusif: pH rendah, stress air, temperatur ekstrim, salinitas tanah yang tinggi, dan tercemar logam berat. Selain itu perbaikan pemupukan juga dapat dilakukan dengan penambahan bahan organik yaitu pemberian pupuk kandang kambing pada tanah bekas tambang batubara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian pupuk hayati mikoriza terhadap pertumbuhan tanaman lamtoro di tanah bekas tambang batubara. Hipotesis dari penelitian ini adalah dengan pemberian pupuk hayati mikoriza dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman lamtoro di tanah bekas tambang batubara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2017–Januari 2018. Berlokasi di CZAL (Comersial Zone Animal Laboratory) Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 5 perlakuan dan 12 ulangan yaitu P0: tanpa mikoriza, P1: 2,5 gram mikoriza, P2: 3,5 gram mikoriza, P3: 4,5 gram mikoriza, P4: 5,5 gram mikoriza. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman dan jumlah tangkai daun tanaman lamtoro. Variabel pendukung adalah klimat: temperatur, kelembaban, dan intensitas cahaya matahari. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa pemberian pupuk hayati mikoriza berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap pertumbuhan, pertambahan tinggi tanaman dan jumlah tangkai daun tanaman lamtoro yang diukur mulai dari 17 hari setelah transplanting (0 minggu) sampai dengan umur 6 minggu. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan bahwa tanah bekas tambang batubara yang dicampur dengan pupuk kandang kambing dan diberi perlakuan pupuk hayati mikoriza dengan berbagai level tidak berbeda pada semua perlakuan terhadap ratarata tinggi tanaman, jumlah tangkai daun dan rata-rata pertambahan tinggi tanaman serta pertambahan jumlah tangkai daun lamtoro.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 25 Apr 2019 09:11
Last Modified: 25 Apr 2019 09:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18518

Actions (login required)

View Item View Item