Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Ikan Nila Perspektif Hukum Islam (Studi di Desa Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas

Athala, Novriska and Sirman, Dahwal and Akhmad, Muslih (2023) Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Ikan Nila Perspektif Hukum Islam (Studi di Desa Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
inbound1537607840274108813 - Athala Novriska.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hariimanusia mencariinafkah untuk memenuhi kebutuhannya, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan cara perdagangan hingga mendapatkan keuntungan dari jual beli tersebut. Jual beli hasil dari budidaya perikanan ini akan terjadi apabila persetujuan antara kedua belah pihak yaitu dengan adanya suatu akad (ijab dan qabul). Ijab dan qabul adalahhsalah satu rukun yang ada dalam praktik jual beli. Adanya suatu akad dalam praktik jual beli memberikannsuatu kepastian pembayaran dari berbagai segi, baikkdari segi jumlah pembayaran, waktu kuantitas suatu barang dan harga barang yang diperjualbelikan. Salah satu jual beli yanggbiasa dilakukan oleh warga Desa Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, yang menjadi tempat budidaya ikan Nila terbesar di Kecamatan Tugumulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan jual beli ikan nila di Desa Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas dan juga apa saja hambatan pelaksanaan jual beli ikan nila di Desa Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas perspektif Hukum Islam. Peneletian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa pelaksanaan jual beli ikan nila di Desa Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, terdapat beberapa masyarakat yang telah mengaplikasikan hukum Islam, dan masih ada sebagian masyarakat Desa Trikoyo yang belum menerapkan ekonomi Islam dalam jual beli ikan nila karena masyarakat masih enggan atau berat untuk melaksanakannya karena khawatir akan berkurangnya keuntungan yang mereka harapkan. Terdapat beberapa faktor yang menghambat penegakan dan penerapan hukum Islam, diantaranya adalah kendala kultural atau sosiologis, kendala fikrah atau pemikiran, kendala filosofis, kendala yuridis, dan kendala akademis. Kata Kunci: Pelaksanan, Jual Beli, Ekonomi Islam, Ikan Nila, Ijab dan Qabul.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:36
Last Modified: 21 Jun 2024 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18521

Actions (login required)

View Item View Item