Hajirin, M. Eldian and Lizar, Alfansi and Rina, Suthia Hayu (2021) PEMASARAN KOMUNITAS DAN BUDAYA LAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK DAN DAMPAKNYA KEPADA WORD OF MOUTH (WOM) PADA PRODUK PEMBIAYAAN PENSIUN DI PT BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
tesis_eldian.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
PT. Bank Syariah Mandiri Kc Bengkulu sebagai bank yang beroperasi atas dasar prinsip syariah Islam dan menetapkan shared values perusahaan yang menempatkan layanan sebagai inti budaya organisasi. Begitu juga dengan pemasaran komunitas, PT. Bank Syariah Mandiri Kc Bengkulu memiliki target yang harus dicapai untuk produk pembiayaannya sehingga mereka menyusun strategi pemasaran yang tepat agar nasabah tertarik untuk mengajukan pembiayaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh community marketing terhadap kepercayaan merek, (2) mengetahui pengaruh community marketing terhadap WOM, (3) mengetahui pengaruh budaya layanan terhadap word of mouth, (4) mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap word of mouth, (5) mengetahui pengaruh budaya layanan terhadap kepercayaan merek, (6) mengetahui pengaruh kepercayaan merek dalam hubungan community marketing terhadap word of mouth, (7) mengetahui pengaruh kepercayaan merek dalam hubungan budaya layanan terhadap word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, responden adalah seluruh nasabah pensiun di PT. Bank Syariah Mandiri kc Bengkulu jumlah 209 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data dengan analisis deskriptif dan metode analisis Structural Equation Modeling. Hasil penelitian diketahui bahwa pemasaran komunitas berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, artinya semakin baik pemasaran komunitas maka kepercayaan merek akan semakin tinggi. Pemasaran komunitas tidak berpengaruh terhadap ke word of mouth, artinya semakin pemasaran komunitas tidak dapat memprediksi perilaku word of mouth. Budaya layanan berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, artinya semakin baik budaya layanan maka kepercayaan merek akan semakin tinggi. Budaya layanan berpengaruh positif terhadap word of mouth, artinya semakin baik budaya layanan maka word of mouth akan semakin tinggi. Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap word of mouth, artinya semakin tinggi kepercayaan merek maka word of mouth akan semakin tinggi. Pemasaran komunitas berpengaruh secara tidak langsung terhadap word of mouth melalui
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 09:10 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 09:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18522 |
Actions (login required)
View Item |