PEMBAGIAN HARTA GONO GINI (HAK UMEAK TANGGO) AKIBAT PERCERAIAN MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

ANREAN, GIRI AMRI and Hamdani, Maakir and Andry, Harijanto (2023) PEMBAGIAN HARTA GONO GINI (HAK UMEAK TANGGO) AKIBAT PERCERAIAN MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SEKRIPSI ANREAN GIRI AMRI { B1A017232} - Anrean Giri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Suku Rejang adalah budaya yang dianut, dikekal dan dikembangkan oleh masyarakat Rejang di wilayah asal mereka, Tanêak Jang. Judul dalam penelitian ini “Pembagian Harta Gono Gini ( Hak Umeak Tanggo ) Akibat Perceraian Menurut Hukum Adat Rejang Di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara”.tujuan penelitian yaitu (1) Untuk menjelaskan dan menggambarkan pembagian harta gono gini (hak umeak tanggo) akibat perceraian menurut hukum Adat Rejang di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. (2) Untuk menjelaskan dan menggambarkan penyelesaian sengketa dalam pembagian harta gono gini (hak umeak tanggo) akibat perceraian menurut hukum adat Rejang di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah sebgai berikut:(1) Pembagian Harta Gono Gini (Hak Umeak Tanggo) Akibat Perceraian Menurut Hukum Adat Rejang Di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara dimana harta gono gini akan di bagi rata kepada anak mereka. Anak laki laki akan mendapatkan jumlah yang lebih banyak dari pada anak perempuan , apabila mereka memiliki banyak keturunan. (2) Penyelesaian sengketa dalam pembagian harta gono gini (hak umeak tanggo) akibat perceraian menurut hukum adat Rejang di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara penyelesaiannya di lakukan secara musyawarah antara suami dan istri, semua keputusan ada ditangan mereka. Apakah dibagi rata kepada anak anaknya atau mereka hanya mau di bagi dua. Kata Kunci : Pembagian, Harta Gono-Gini, Akibat Perceraian, dan menurut Hukum Adat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:28
Last Modified: 21 Jun 2024 04:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item View Item