KAJIAN PRAKTIK QUALITY CONTROL PENERIMAAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT PADA BAGIAN SORTASI (STUDI KASUS DI PT. MITRA PUDING MAS) BENGKULU UTARA

Saputra, Andef Ahmad and Meizul, Zuki and Pandu, Imam (2018) KAJIAN PRAKTIK QUALITY CONTROL PENERIMAAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT PADA BAGIAN SORTASI (STUDI KASUS DI PT. MITRA PUDING MAS) BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANDEF AHMAD SAPUTRA (E1G013032) TIP.UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Untuk menyelenggarakan pembangunan ekonomi berbagai negara termasuk negara berkembang seperti Indonesia melakukan proses industrialisasi. PT. Mitra Puding Mas merupakan industri/pabrik yang bergerak dibidang pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Lokasinya terletak di Desa Pasar Sebelat Kecamatan Putri hijau Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Keberadaan PT. MPM tentunya akan memberikan pengaruh terhadap keadaan sosial ekonomi dan keadaan perindustrian kelapa sawit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana praktik quality control pada penerimaan TBS kelapa sawit pada bagian sortasi buah petani di PT. Mitra Puding Mas dan menghitung kerugian yang mungkin terjadi akibat ketidakakuratan sortasi panen. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2018 di PT. Mitra Puding Mas Desa Pasar Sebelat Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Penentuan sampel untuk kuisioner dan wawancara yaitu karyawan sortasi di PT. Mitra Puding Mas dan pihak luar perusahaan, dimana didapat responden sebanyak 19 orang dari total karyawan 13 orang karyawan sortasi dan 6 orang dari sopir mobil pengangkut TBS dan 1 orang petani/toke. Data hasil wawancara dan kusioner dianalisis dengan deskriptif dan kuantitatif dan data pengamatan dianalisa teknis dan analisa ekonomi untuk menegetahui angka kerugian yang mungkin terjadi akibat ketidakakuratan sortasi. Praktik quality control yang dilakukan di PT Mitra Puding mas dilakukan secara visual dan menerka-nerka, buah yang masuk dalam kriteria tetapi dipulangkan yaitu buah mentah, buah dibawah 5 kilogram dan janjangan kosong. Serta masih terdapat buah yang tidak disortasi ketika bak mobil dibuka dan buah yang diloloskan yaitu buah mentah dan tidak dilakukan sortasi. Asisten dan mandor berpendapat bahwa karyawan sortasi selalu berusaha menghasilkan kualitas kerja dan berprilaku baik terhadap atasanya serta karyawan selalu disiplin terhadap waktu. Sikap karyawan terkait praktik quality control, penilaian karyawan terkait quality control. Intergritas, SDM/komitmen, dan Kapabilitas memiliki persentase diatas 90%. Oleh karena itu persentase tersebut dapat dikatakan sangat baik. Terkecuali karyawan meminta izin dengan persentase 58% dikatakan cukup. Kerugian harian yang diderita diakibatkan karena ketidakakuratan sortasi panen angka tertinggi yaitu pada hari ke 27 dan ke 3 di mana angka kerugian Rp 864.800 dan Rp 492.200. Total kerugian yang diderita perusahaan selama 1 bulan penelitian sebesar Rp 5.141.900.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:59
Last Modified: 26 Apr 2019 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18535

Actions (login required)

View Item View Item