ANALISA JUMLAH KATUB BUANG LIMBAH RADIAL DAN VARIASI TINGGI MASUKAN FLUIDA TERHADAP UNJUK KERJA SISTEM POMPA HIDRAULIK RAM (HIDRAM) TIPE SPHERE WATER HAMMER

ARGA, RIZKY HARLIANSYAH and Angky, Puspawan and Nurul, Iman Supardi (2023) ANALISA JUMLAH KATUB BUANG LIMBAH RADIAL DAN VARIASI TINGGI MASUKAN FLUIDA TERHADAP UNJUK KERJA SISTEM POMPA HIDRAULIK RAM (HIDRAM) TIPE SPHERE WATER HAMMER. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ARGA RIZKY HARLIANSYAH G1C017068 - mesin sembilanbelas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Mahluk hidup membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhannya. Sumber air sangat berpengaruh pada ketersediaan air bersih pada suatu daerah. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia digolongkan menjadi tiga wilayah yaitu: dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. Hal ini mengakibatkan banyak daerah yang berada di atas sumber air. Untuk memenuhi kebutuhan air pada daerah tersebut, diperlukan pompa. Pompa yang ada dipasaran, membutuhkan energy listrik dalam pengoperasiannya. Sedangakan di Indonesia, masih banyak daerah terpencil yang sulit mendapatkan listrik. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pompa yang tidak memerlukan motor dan energy listrik. Salah satu pompa yang tidak menggunakan motor dan energy listrik adalah pompa hydraulic ram (hidram). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi bentuk rangkaian katub buang yang dipasang lingkaran terhadap unjuk kerja pompa hidram dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bentuk variasi tinngi masukkan fluida terhadap unjuk kerja pompa hidram. penelitian yang dilakukan dengan menngunakan variasi tinngi masukan fluida air dan jumlah katup buang limbah. Hasil penelitian ini memperlihatkan nilai efisiensi tertinngi didapatkan pada pengujian 4 katup pada ketinngian masukan fluida air 1 meter dengan nilai efisiensi sebesar 50,69% sedangkan untuk nilai debit hasil tertinggi di dapatkan pada pengujian 4 katup dengan ketinggian masukan air 1,25 meter dengan nilai sebesar 3,969 liter/menit. Kata kunci : Efisiensi, Jarak Katup Buang Limbah, Pompa Hidram, Tinggi Masukan air, dan Jumlah Katup Buang Limbah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:59
Last Modified: 24 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item