ANALISIS PARAMETER PEMESINAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA ST 37 HASIL PROSES TURNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI

M FITRI, YALDI and Helmizar, Helmizar and Putra, Bismantolo (2023) ANALISIS PARAMETER PEMESINAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA ST 37 HASIL PROSES TURNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FIX YALDI - STALLIN WAHYU TRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Mesin turning adalah salah satu mesin perkakas yang paling banyak digunakan di bengkel mekanik, baik di industri manufaktur maupun di lembaga pendidikan dan profesional-teknis. Proses turning mempunyai tuntutan yang harus diperhatikan seorang operator yaitu kekasaran permukaan benda kerja hasil pengerjaan. Berdasarkan permasalahan kekasaran permukaan hasil pembubutan salah satu penyebabnya adalah parameter-parameter yang digunakan tidak sesuai sehingga hasil kekasaran permukaan benda kerja tidak memenuhi standar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui parameter yang paling berpengaruh dan kombinasi parameter yang optimal untuk mendapatkan nilai kekasaran yang memenuhi standar proses manufaktur turning yaitu 0,5-6 µm. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode Taguchi. Adapun parameter yang digunakan media pendingin, kecepatan putar spindel, dan kedalaman potong sesuai dengan rancangan penelitian orthogonal array L9 ( ) pada metode Taguchi yang dimana penelitian ini dilakukan 9 kali percobaan dengan 4 kali pengulangan, serta terdapat 3 level dan 3 faktor. Hasil dari proses pembubutan selanjutnya akan dilakukan uji kekasaran permukaan menggunakan surface soughness tester untuk mengetahui nilai kekasarannya. Nilai kekasaran yang diperoleh akan dianalisa menggunakan analysis of variance (ANOVA) yang berfungsi untuk mengetahui parameter yang paling berpengaruh dan kombinasi parameter yang optimal terhadap kekasaran permukaan hasil pembubutan. Dari hasil analisa diperoleh yang paling berpengaruh terhadap kekasaran permukaan adalah media pendingin dengan persentase tertinggi 66%. Kemudian, kombinasi parameter yang optimal didapatkan media pendingin dromus oil, kecepatan putar spindle 1800 rpm, kedalaman potong 1.0 mm, yang menghasilkan nilai rata-rata kekasaran permukaan 5.691 µm. Kata Kunci : Mesin turning, Metode Taguchi, orthogonal array, Kekasaran Permukaan, analysis of variance (ANOVA).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:16
Last Modified: 24 Jun 2024 03:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18542

Actions (login required)

View Item View Item