PENGARUH KREDIBILITAS CONSULTANT ORIFLAME TERHADAP CITRA PERUSAHAAN

Meriza, Dieni and Azhar, Marwan and Rasianna, Br Saragih (2010) PENGARUH KREDIBILITAS CONSULTANT ORIFLAME TERHADAP CITRA PERUSAHAAN. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Eja.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan komunikasi pemasaran MLM oriflame dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kemampuan pemasar melakukan decoding tujuan komunikasi menjadi pesan yang menarik dan efektif bagi konsumen, ketepatan memilih jenis promosi, ketepatan penggunaan media penyampaian pesan, daya tarik pesan dan kredibilitas penyampai pesan. Peranan consultant Oriflame tidak hanya menjalankan strategi-strategi dari manajemen pusat untuk menjual produknya ke masyarakat tetapi para consultant dituntut untuk kreatif sehingga memudahkan cara untuk mempromosikan produk Oriflame kepada khalayak. Consultant harus menyampaikan pesan positif kepada masyarakat, karena consultant oriflame dalam menyampaikan pesan dengan cara dari mulut ke mulut. Penyampaian pesan seperti ini sering terjadi kesalahan. Sehingga satu kesalahan penyampaian pesan yang tidak benar akan menimbulkan salah persepsi khalayak terhadap penyampaian pesan tersebut, dan berakibat fatal di mata masyarakat. Hal ini otomatis akan berdampak pada citra perusahaan Oriflame. Sehingga pengaruh kredibilitas consultant Oriflame terhadap citra perusahaan akan negatif di mata masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kredibilitas consultant oriflame dari aspek kepercayaan komunikator terhadap citra perusahaan pada konsumen oriflame di stockiest BIM lantai 2 Bengkulu; dan (2) Untuk mengetahui pengaruh kredibilitas consultant oriflame dari aspek daya tarik komunikator terhadap citra perusahaan pada konsumen oriflame di stockiest BIM lantai 2 Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu dengan melakukan perhitungan-perhitungan statistik. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Responden penelitian ini adalah seluruh konsumen oriflame stockiest BIM Lantai 2 yang diambil dengan teknik purposive random sampling sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian di lapangan dan analisis data, diperoleh hasil-hasil sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kredibilitas consultant oriflame dari sisi kepercayaan komunikator terhadap citra perusahaan oriflame dengan koefisien regresi sebesar 0,759; dan Terdapat pengaruh yang signifikan antara kredibilitas consultant oriflame dari sisi daya tarik komunikator terhadap citra perusahaan oriflame dengan koefisien regresi sebesar 0,263.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 23:39
Last Modified: 22 Nov 2013 23:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item