PENYELESAIAN SENGKETA TANAH MELALUI PROSES MEDIASI DALAM KASUS AZHARI ARSYAD DENGAN MA’ARIA STUDI KASUS DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN LEBONG

AZKIA, UMMI KALSUM and Emelia, Kontesa and Joko, Susetyanto (2023) PENYELESAIAN SENGKETA TANAH MELALUI PROSES MEDIASI DALAM KASUS AZHARI ARSYAD DENGAN MA’ARIA STUDI KASUS DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - Azkia Ummi Kalsum - Azkia Ummi Kalsum.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penyelesaian sengketa melalui jalur medisi seharusnya mencapai kesepakatan untuk dapat mendamaikan kedua belah pihak yang bersengketa,namun pada kenyataannya masih banyak hambatan sehingga membuat proses mediasi itu tidak menghasilkan kesepaktan perdamaian. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui bentuk penyelesaian sengketa pertanahan melalui jalur mediasi di Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Lebong, dan untuk mengetahui hambatan dalam menyelesaikan sengketa pertanahan melalui jalur mediasi di Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Lebong. Jenis Penelitian yang dilakukan ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian yang bersifat hukum empiris. Peraturan Kepala BPN No. 11 Tahun 2016 merupakan dasar BPN menjadi mediator membantu para pihak mencari berbagai kemungkinan penyelesaian sengketa tanpa menggunakan cara memutus atau memaksakan sebuah penyelesaian. Penyelesaian melalui jalur mediasi berpedoman pada Permen ATR BPN No. 21 Tahun 2020 Tentang Penanganan dan Penyelesaian Kasus Pertanahan. Kebijakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menjadi Program Strategis Nasional dengan konsep membangun data bidang tanah baru dan sekaligus menjaga kualitas data bidang tanah yang ada agar seluruh bidang-bidang tanah terdaftar lengkap dan akurat. Kata Kunci: Penyelesaian Sengketa, Mediasi, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:10
Last Modified: 24 Jun 2024 05:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18555

Actions (login required)

View Item View Item