PENGARUH PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU

Randi, Ade and Endang, Widi Winarni and Sri, Ken kustianti (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI - ADE RANDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Gugus XII Kota Bengkulu yang menerapkan Kurikulum 2013 terdiri dari 3 SD yaitu SD Negeri 20, SD Negeri 99, dan SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas VA SD Negeri 99 Kota Bengkulu sebagai kelas control berjumlah 36 siswa, dan kelas VI SD Negeri 20 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 8 butir soal dengan bentuk soal uraian. Hasil uji t gain skor didapatkan harga thitung sebesar 7,91 lebih besar dari harga ttabel sebesar 2,00. Artinya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Group Investigation (GI), dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 02 Jul 2019 15:48
Last Modified: 02 Jul 2019 15:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18566

Actions (login required)

View Item View Item