PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA ANTARA PEMILIK USAHA BATU BATA DENGAN PEKERJA TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN MENURUT HUKUM ADAT LEMBAK DI KELURAHAN BENTIRING KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

ICO, HAIKAL and Hamdani, Maakir and Andry, Harijanto (2023) PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA ANTARA PEMILIK USAHA BATU BATA DENGAN PEKERJA TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN MENURUT HUKUM ADAT LEMBAK DI KELURAHAN BENTIRING KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - RICO HAIKAL - Alif Ma'ruf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan perjanjian kerja antara pemilik usaha batu bata dengan pekerja terhadap sistem pengupahan menurut hukum adat lembak di Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu dan (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penyelesaian sengketa dalam pelaksanaan perjanjian kerja antara pemilik usaha batu bata dengan pekerja terhadap sistem pengupahan menurut hukum adat lembak .Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menentukan lokasi penelitian dan informan melalui wawancara yang mendalam, lalu dianalisis menggunakan metode yuridis kualitatif. Hasil penelitian yakni (1) Pelaksanaan perjanjian kerja antara pemilik usaha batu bata dengan pekerja terhadap sistem pengupahan menurut hukum adat lembak di Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan hak dan kewajiban masing-masing pihak. Baik itu pihak pemilik usaha batu batu dan pihak pekerja. Oleh sebab itu, walaupun perjanjian yang dilakukan tidak tertulis tetapi konsep saling percaya dijalankan dengan penuh tanggung jawab oleh masing-masing pihak. Sehingga tidak menimbulkan keributan atau perselisihan antara kedua belah pihak yang merasa saling dirugikan. (2) Penyelesaian sengketa dalam pelaksanaan perjanjian kerja antara pemilik usaha batu bata dengan pekerja terhadap sistem pengupahan menurut hukum adat lembak di Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu dilakukan dengan musyawarah kedua belah pihak baik pihak pemilik usaha batu bata dan pekerja. Dengan tujuan penyelesaikan sengketa seperti ini dapat diselesaikan dengan baik agar tidak menjadi keributan lagi. KATA KUNCI : Pelaksanaan, Perjanjian, Pengupahan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:23
Last Modified: 26 Jun 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18569

Actions (login required)

View Item View Item