JUAL BELI BARANG BEKAS MELALUI BANK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Bank Sampah Kelurahan Pondok Besi Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu)

Maretha, Dwi Afriyanti and Sirman, Dahwal and Akhmad, Muslih (2023) JUAL BELI BARANG BEKAS MELALUI BANK SAMPAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Bank Sampah Kelurahan Pondok Besi Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI (Maretha Dwi Afriyanti-B1A018346) - Alif Ma'ruf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Abstrak penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan secara jelas mengenai praktik jual beli barang bekas melalui bank sampah di Kelurahan Pondok Besi, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu yang akan ditinjau dari aspek Hukum Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli barang bekas melalui bank sampah bank di Kelurahan Pondok Besi, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu sudah memenuhi rukun dan syarat sah jual beli seperti yang telah dijelaskan dalam Hukum Islam, jual beli yang dilakukan atas dasar suka sama suka dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli barang bekas melalui bank sampah ini termasuk jual beli yang sah, karena dari segi kesucian barang bekas yang dijual di bank sampah merupakan barang yang suci dan bersih. Kemudian untuk barang bekas sesuai dengan pendapat ulama Hanafiyah memperbolehkan jual beli barang yang terkena najis kemudian disucikan, tetapi tidak dimakan. Dari segi harga dalam jual beli barang bekas juga telah terdapat kesepakatan antara kedua belah pihak dan tidak ada yang dirugikan. Kata Kunci: Jual Beli, Bank Sampah, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:38
Last Modified: 26 Jun 2024 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18571

Actions (login required)

View Item View Item