ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KELAS 1A BENGKULU TENTANG IZIN POLIGAMI (Studi Kasus Putusan Nomor 452/Pdt.G/2022/PA.BN)

Tri, Margo Putra and Muhammad, Darudin and Adi, Bastian Salam (2023) ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KELAS 1A BENGKULU TENTANG IZIN POLIGAMI (Studi Kasus Putusan Nomor 452/Pdt.G/2022/PA.BN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI 1_TRI MARGO PUTRA_B1A018225 - Syamsu Rizal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan perkawinan dalam hukum positif untuk membentuk rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, tentu saja ada penghalang dalam penerapanya, beristeri lebih dari satu merupakan jalan darurat jika laki-laki muslim terjadi bahaya (menyelamatkan dirinya dari dosa dan ketidakmampuan istri untuk memenuhi kewajiban seorang istri). Namun, kenyataan di lapangan, Pengadilan Agama yang memiliki tugas untuk memberikan putusan tentang izin poligami, penerapanya tidak memenuhi syarat alternatif sebagai contoh kasus Putusan Pengadilan Nomor 452/Pdt.G/2022/PA.BN. Pada duduk perkaranya alasan saling mencintai yang tidak terdapat pada alasan poligami dalam hukum positif tetap dikabulkan, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan izin poligami pada Putusan Pengadilan Nomor 452/Pdt.G/2022/PA.BN. Jenis penelitian ini adalah normatif-empiris (campuran) dengan analisis data kualitatif melalui pengumpulan bahan hukum studi dokumen dan wawancara, kemudian penulis akan mengolah bahan hukum melalui editing selanjutnya diiventarisir untuk menyesuaikan substansinya. Hasil penelitian ini adalah pertimbangan hakim dalam memberikan izin poligami memperhatikan prinsip hukum islam untuk mengedepankan kemaslahatan manusia, dalam duduk perkara alasan saling mencintai menjadi alasan pemohon namun hakim akan menggali fakta-fakta hukum di dalam persidangan sehingga didapatkan termohon kewalahan melayani nafkah batin pemohon. Majelis hakim berpendapat bilamana ditolak akan mendatangkan zina mudharat bagi pemohon. Kata Kunci : Pengadilan Agama, Izin Poligami

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:04
Last Modified: 26 Jun 2024 03:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item