ANALISIS PERFORMA BANGUNAN GEDUNG KULIAH PROGRAM PROFESI KEGURUAN FKIP UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESPON SEISMIK AKIBAT GEMPA MAKSIMUM KOTA BENGKULU

Surya, Manggala Putra and Lindung, Zalbuin Mase and Hardiansyah, Hardiansyah (2023) ANALISIS PERFORMA BANGUNAN GEDUNG KULIAH PROGRAM PROFESI KEGURUAN FKIP UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESPON SEISMIK AKIBAT GEMPA MAKSIMUM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
[SKRIPSI] G1B019042 SURYA MANGGALA PUTRA - Sahrul hari nugroho.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Kota Bengkulu sedang mengalami pertumbuhan yang pesat dalam sektor pembangunan, terutama di bidang pendidikan dengan Universitas Bengkulu menjadi salah satu contohnya. Penelitian ini difokuskan pada Gedung Kuliah Program Profesi Keguruan FKIP Universitas Bengkulu. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan gedung dalam menghadapi gempa bumi. Metode penelitian yang digunakan melibatkan permodelan perambatan gelombang satu dimensi non-linear dengan menggunakan model Pressure Dependent Hyperbolic (PDH). Selain itu, pemodelan gedung dilakukan menggunakan metode elemen hingga (MEH). Hasil analisis dari penelitian ini mencakup berbagai parameter, seperti percepatan gempa dan Peak Ground Acceleration (PGA) di berbagai lapisan gedung, respon spektra percepatan, dan faktor amplifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa nilai PGA pada setiap lapisan gedung berada dalam kisaran 0,09g hingga 0,254g. Terdapat perbedaan antara PGA pada lapisan permukaan yang mencapai 0,254g dengan PGA gelombang input hanya sebesar 0,154g, sehingga menghasilkan faktor amplifikasi sebesar 1,64, menunjukkan adanya pembesaran gelombang. Di sisi lain, analisis juga menunjukkan bahwa Gedung FKIP Universitas Bengkulu dalam kondisi aman ketika tidak diberi beban gempa. Namun, setelah diberikan beban gempa dan kombinasi beban struktur gedung terdapat 6 elemen struktur yang tidak memenuhi standar keamanan. Untuk mengatasi masalah ini, perbaikan dilakukan dengan menggunakan metode retrofitting. Hasil penelitian ini memberikan informasi yang penting bagi pengembangan lebih lanjut dan perbaikan gedung sehingga dapat meningkatkan ketahanan dan keamanan gedung terhadap gempa bumi di masa yang akan datang. Kata-kata kunci : Faktor Amplifikasi, PGA, Percepatan Spektral, Pressure Dependent Hyperbolic, metode elemen hingga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:06
Last Modified: 26 Jun 2024 04:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item