Jayadi, Nanang and Kamaludin, Kamaludin and Fadli, Fadli (2021) ANALISIS KEBIJAKAN PEMBAYARAN IURAN AUTODEBET REKENING PESERTA JKN-KIS DALAM UPAYA MENURUNKAN TUNGGAKAN IURAN DI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Tesis Nanang Jayadi_compressed.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pelaksanaan kebijakan pembayaran iuran autodebet rekening peserta BPJS Kesehatan dalam upaya menurunkan tunggakan iuran di Kabupaten Bengkulu Utara dan (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan peserta BPJS Kesehatan dalam membayar iuran di Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Responden penelitian merupakan peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Utara. Jumlah populasi peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Bengkulu Utara adalah sebanyak 40.463 orang terdiri dari 12.363 peserta aktif dan 28.100 peserta menunggak. Metode pengambilan responden digunakan adalah purposive sampling sebanyak dengan proporsi yang sama (proportional) terdiri dari 100 orang peserta aktif dan 100 orang peserta tidak aktif. Jadi, jumlah responden penelitian adalah sebanyak 200 orang. Metode pengambilan sampel digunakan sensus. Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa: (1) Pelaksananaan kebijakan autodebet rekening kepada peserta BPJS sudah cukup efektif dipilih sebagai salau satu moda pembayaran iuran BPJS. Moda autodebet tersebut dapat menjadi salah satu alternatif yang memberi kemudahan kepada peserta dalam memenuhi kewajibannya; dan (2) Reduksi terhadap 27 faktor awal mendapatkan 8 faktor yang mempengaruhi kepatuhan peserta BPJS Kesehatan memenuhi kewajiban membayar iuran. Faktor-faktor tersebut merupakan gabungan dan kombinasi dari faktor-faktor awal yang mengelompok sesuai dengan rotasi faktor. Faktor-faktor tersebut adalah: Faktor karakteristik demografi peserta BPJS, faktor administrasi pelayanan BPJS, faktor tarif dan kemampuan bayar iuran; faktor kesadaran peserta; faktor kepercayaan layanan; faktor mekanisme sanksi dan penegakan hukum; faktor kualitas obat dan faktor kemudahan layanan Dari hasil penelitian, maka dapat dikemukakan beberapa implikasi strategis sebagai berikut: (1) Dengan ditemukannya delapan faktor yang berhubungan dengan kepatuhan peserta BPJS, diharapkan pada manajemen BPJS agar melakukan pembenahan-pembenahan dan penambahan-penambahan fasilitas medis dan nonmedis, sehingga peserta cenderung berperilaku bertanggungjawab dan patuh memenuhi kewajibannya dan (2) Mengingat bahwa rumah sakit umum
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:53 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:53 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18609 |
Actions (login required)
View Item |