ANALISIS KEPEMIMPINAN PELAYAN, PERILAKU KERJA INOVATIF DAN KEPUASAN KERJA PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN LITBANG-KABUPATEN KAUR

Harianto, Okno and Slamet, Widodo and Paulus, Suluk Kananlua (2021) ANALISIS KEPEMIMPINAN PELAYAN, PERILAKU KERJA INOVATIF DAN KEPUASAN KERJA PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN LITBANG-KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS OKNO OK_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Telah diakui bahwa perlunya kepemimpinan untuk mengarahkan upaya kreatif dan inovatif individu. Ketika lingkungan bisnis berubah, kepemimpinan juga menghadapi tantangan baru. Khususnya, satu tren penting dalam hal ini adalah ketergantungan yang tumbuh pada sumber daya manusia organisasi. Tujuan penelitian adalah (1) untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja karyawan, (2) untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan pelayan terhadap perilaku kerja inovatif karyawan, (3) untuk menganalisis pengaruh perilaku kerja inovatif terhadap kepuasan kerja karyawan (4) untuk menganalisis peran perilaku kerja inovatif dalam pengaruh kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja karyawan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang di Kabupaten Kaur Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Responden adalah pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang, Kabupaten Kaur sebanyak 82 orang. Mereka, yaitu pegawai dan honorer. Pengumpulan data menggunakan survei online dan analisis data menggunakan analisis jalur dan Sobel tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pelayan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Artinya semakin pemimpin mencirikan kepemimpinan pelayan maka kepuasan kerja pegawai akan semakin tinggi. Kepemimpinan pelayan positif terhadap perilaku kerja inovatif. Artinya, semakin pemimpin mencirikan kepemimpinan pelayan maka perilaku kerja inovatif akan semakin tinggi. Perilaku kerja inovatif berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Artinya semakin pegawai menunjukkan perilaku kerja inovatif maka kepuasan kerja akan semakin meningkat. Perilaku kerja inovatif tidak mampu memediasi pengaruh kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja pegawai Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur, dimana pengujian sebelumnya kepemimpinan pelayan berpengaruh terhadap kepuasan kerja menjadi lebih kecil dan tidak berpengaruh setelah adanya kontrol perilaku kerja inovatif. Artinya kepemimpinan pelayan mampu mempengaruhi kepuasan kerja pegawai di Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur tanpa melalui atau melibatkan perilaku kerja inovatif. Perilaku kerja inovatif tidak berperan dalam memediasi pengaruh kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja pegawai Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur. Oleh sebab itu, implikasi hasil penelitian bahwa kepemimpinan pelayan Bappeda dan Litbang di Kabupaten Kaur tetap signifikan meningkatkan kepuasan pegawai tanpa adanya perilaku kerja inovatif. Pemimpin pelayan meningkatkan kepuasan kerja melalui pengembangan visi dan nilai bersama, bekerja dalam tim dan dengan memotivasi dan memberdayakan karyawan. Ini kunci yang menjadikan kepimpinan pelayan kuat dalam mempengaruhi kepuasan kerja. Implikasi lainnya bahwa penelitian ini menggunakan faktor hygiene (ketidakpuasan) dalam mengukur kepuasan kerja karyawan, menguji kepuasan dari faktor motivator (pemuas) seperti prestasi, pengakuan, tanggung jawab, pekerjaan yang menantang, kemajuan dan keterlibatan kerja perlu dipertimbangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:53
Last Modified: 02 Jul 2024 07:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18614

Actions (login required)

View Item View Item