PEMETAAN WILAYAH GENANGAN BANJIR DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MANJUNTO KABUPATEN MUKOMUKO BERDASARKAN ANALISIS HIDROLOGI DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Iqbal, Kurnia Trie Saputra and Gusta, Gunawan and Samsul, Bahri (2023) PEMETAAN WILAYAH GENANGAN BANJIR DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MANJUNTO KABUPATEN MUKOMUKO BERDASARKAN ANALISIS HIDROLOGI DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
bebas perpus unib fix_compressed - Iqbal Kurnia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) Manjunto merupakan salah satu DAS di Kabupaten Mukomuko yang sering mengalami bencana banjir pada saat musim penghujan. Bencana banjir mengakibatkan kerugian jiwa dan kerugian materil yang cukup besar, untuk itu diperlukan tindakan guna mencegah dan meminimalisir kerugian tersebut. Pemetaan banjir merupakan salah satu upaya pengendalian non struktur yang diharapkan dapat memberikan informasi sebagai peringatan dini terhadap bencana banjir. Metode yang digunakan untuk memprediksi debit banjir rancangan atau debit puncak atau dalam penelitian ini adalah Hidrograf Satuan Sintetis (HSS) ITB 1, kemudian pemodelan menggunakan software HEC-RAS versi 5.0.7 dan pemetaan menggunakan software Arc-GIS versi 10.8. Hasil penelitian menunjukkan luasan wilayah yang tergenang banjir pada periode ulang 2 tahun seluas 1.495,42 hektare dan pada periode ulang 50 tahun seluas 2.263,35 hektare. Genangan banjir yang terjadi merendam Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan XIV Koto di sepanjang aliran DAS Manjunto. Hasil lain yang diperoleh menunjukkan nilai debit puncak terbesar berada di periode ulang 50 tahun dengan nilai 1.991,44 m3 /detik, sementara debit terkecil berada pada periode ulang 2 tahun dengan nilai 1.133,32 m3 /detik. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa DAS Manjunto sudah tidak mampu lagi menampung debit puncak yang terjadi sehingga menyebabkan banjir yang menggenangi kecamatan Lubuk Pinang dan XIV Koto, dengan wilayah genangan terluas berada di bagian hilir sungai. Kata Kunci: Banjir, Hidrograf Satuan Sintetis (ITB) 1, Pemodelan, Pemetaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 26 Jun 2024 09:11
Last Modified: 26 Jun 2024 09:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18615

Actions (login required)

View Item View Item