ANALISIS PERILAKU PENGENDARA TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN DEPATI, KECAMATAN SELEBAR, KOTA BENGKULU

Dandi, Leonse and Makmun, Reza Razali and Mawardi, Mawardi (2023) ANALISIS PERILAKU PENGENDARA TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN DEPATI, KECAMATAN SELEBAR, KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Dokumen dari dandileonsen086 - Dandi Leonsen.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kota Bengkulu adalah salah satu kota terbesar di Pantai Barat Pulau Sumatera dengan luas wilayah 151,7 km2 . Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Kepolisian Resor Kota Bengkulu dari tahun 2017 sampai 2021, ruas Jalan Depati, Kecamatan Selebar, termasuk penyumbang jumlah kecelakaan yang cukup tinggi di Kota Bengkulu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh angka kecepatan berkendara dan perilaku pengendara serta keterkaitan antara kecepatan kendaraan terhadap perilaku pengendara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat Speed Gun dengan metode distribusi frekuensi, data dari kusioner online menggunakan metode skala likert dan untuk mengetahui keterkaitan dari kecepatan kendaraan terhadap perilaku pengendara menggunakan metode regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data kecepatan kendaraan yang di survei langsung di lokasi menggunakan alat Speed Gun, dan data hasil dari kuisioner online untuk mengetahui perilaku pengendara serta populasi responden laki-laki dan perempuan yang melewati Jalan Depati. Analisis kecepatan kendaraan yang telah dilakukan, pada arus lalu lintas rendah dan arus lalu lintas sedang pengendara perempuan lebih disipin saat berkendara dari pada pengendara laki-laki. Pada Arus lalu lintas tinggi pengendara laki-laki lebih disipin saat berkendara dari pada pengendara perempuan. Hasil metode regresi linier berganda dan hipotesis menghasilkan keterkaitan variabel independen terhadap variabel dependen. Perilaku pengendara yang paling dominan terhadap kecepatan kendaraan menurut responden yaitu faktor sikap disiplin dengan nilai R square sebesar 31,2%, faktor kendaraan dengan nilai R square sebesar 27,2% yg terakhir faktor pengetahuan dengan nilai R square 13,9% dan total R square yang didapat sebesar 72,3% dikatagorikan kuat. Kata-kata kunci : Kecepatan kendaraan, Jalan Depati, Perilaku Pengendara

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:58
Last Modified: 27 Jun 2024 01:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18622

Actions (login required)

View Item View Item