ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE AEK DAN BKA (STUDI KASUS JALAN LINTAS BARAT BENGKULU�LAMPUNG WILAYAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN STA 0+000 - 5+000)

Meysi, Fitria Syafira and Makmun, Reza Razali and Mawardi, Mawardi (2023) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE AEK DAN BKA (STUDI KASUS JALAN LINTAS BARAT BENGKULU�LAMPUNG WILAYAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN STA 0+000 - 5+000). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
MEYSI FITRIA S (G1B017044) COVER, BAB 1-5 SKRIPSI_compressed - Meysi Fitria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jalan Lintas Barat Bengkulu Lampung yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Lampung tengah memiliki tingkat kerawanan kecelakaan yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui angka kecelakaan dan daerah rawan kecelakaan (Blackspot) pada ruas jalan Lintas Barat Bengkulu-Lampung STA 0+000 – 0+500 Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Data korban kecelakaan lalu lintas tahun 2019 – 2022 diperoleh dari Satlantas Polres Kabupaten Bengkulu Selatan. Berdasarkan data tersebut, dihitung angka kecelakaan dengan metode AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) dan dianalisa untuk mendapatkan daerah rawan kecelakaan dengan menggunakan metode BKA (Batas Kontrol Atas) Nilai BKA harus lebih kecil dari nilai AEK, sehingga pada 10 segmen ruas jalan Lintas Barat Bengkulu-Lampung menunjukkan bahwa terdapat 3 segmen yang memiliki angka kecelakaan tertinggi yaitu; Segmen 1 (AEK = 182), Segmen 2 (AEK = 92), dan Segmen 9 (AEK = 88) Dari 3 segmen tersebut yang memiliki kecelakaan tertinggi adalah segmen 1 kemudian ditentukan lokasi Blackspotnya dan dapat diketahui jumlah serta tipe kecelakaan yang dominan terjadi. Kata Kunci: AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan), BKA (Batas Kontrol Atas) dan Blackspot

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:16
Last Modified: 27 Jun 2024 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18626

Actions (login required)

View Item View Item