ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE SURFACES DISTRESS INDEX (SDI) (Studi Kasus Ruas Jalan Lintas Bengkulu-Tais, Desa Jenggalu, Kabupaten Seluma STA 5+000 s.d 6+300)

Fajar, Boehtiawan Saputra and Samsul, Bahri and Rena, Misliniyati (2023) ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE SURFACES DISTRESS INDEX (SDI) (Studi Kasus Ruas Jalan Lintas Bengkulu-Tais, Desa Jenggalu, Kabupaten Seluma STA 5+000 s.d 6+300). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Fajar Boehtiawan Saputra (NPM G1B017047) - Fajar Boehtiawan Saputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Infrastruktur jalan adalah prasarana transportasi darat yang sangat berperan penting dalam mendukung pertumbuhan distribusi barang dan jasa. Permasalahan yang sering terjadi pada jalan adalah kondisi jalan yang kurang baik dan rusak. Penilaian analisis kondisi kerusakan jalan dan perbaikan jalan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kerusakan jalan dan menentukan model pemeliharaan jalan berdasarkan metode Surfacess Distress Index (SDI). Metode SDI merupakan sistem penilaian kondisi perkerasan jalan melalui hasil pengamatan visual dan sekaligus dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan model pemeliharaan. Penelitian dilakukan dengan menganalisis data kerusakan jalan yang didapat pada Jalan Lintas Bengkulu-Tais, Desa Jenggalu, Kabupaten Seluma sepanjang 1,3 km yang dibagi menjadi 13 segmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kerusakan pada ruas Jalan Bengkulu-Tais dapat digolongkana menjadi 2 kategori kerusakan, yaitu rusak ringan dan sedang. Kondisi rusak ringan terdapat pada 9 segmen sedangkan kondisi sedang terdapat pada 4 segmen. Nilai indeks SDI terbesar terdapat pada 3 segmen dengan nilai SDI 140 sedangkan nilai indeks SDI terkecil terdapat pada 1 segmen dengan nilai SDI 50. Nilai SDI yang diperoleh menunjukkan bahwa model pemeliharaan rehabilitasi jalan dilakukan pada 9 segmen yang mengalami kerusakan ringan dan model pemeliharaan berkala dilakukan pada 4 segmen yang mengalami kerusakan sedang. Kata Kunci: Sufaces distress index, Kerusakan Jalan, Jalan lintas Bengkulu�Tais, Analisis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:19
Last Modified: 27 Jun 2024 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18641

Actions (login required)

View Item View Item