ANALISIS PENETAPAN LOKASI AMAN UNTUK EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BINTUHAN KABUPATEN KAUR DENGAN METODE AGENT BASED MODELLING

Ahmad, Irfan Hady and Hardiansyah, Hardiansyah and Annisa, Fitria Edriani (2023) ANALISIS PENETAPAN LOKASI AMAN UNTUK EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BINTUHAN KABUPATEN KAUR DENGAN METODE AGENT BASED MODELLING. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Ahmad Irfan Hady_G1B019032 - Ahmad Irfan Hady.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian evakuasi tsunami di Kota Bintuhan ini bertujuan untuk membuat pemodelan dengan metode ABM (Agent Based Modelling), mengetahui perilaku pengungsi, merekomendasikan lokasi untuk di bangun shelter TVE (Tsunami Vertical evacution), dan menganalisis kinerja ruas jalan terhadap pergerakan pengungsi di Kota Bintuhan. Pemodelan akan menggunakan berbagai perangkat lunak, seperti Google Earth, Arcgis, AutoCAD, dan aplikasi utamanya, yaitu NetLogo. Penelitian dengan metode ABM (Agent Based Modelling) diawali dengan studi literatur dan observasi, kemudian dilanjutkan pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan yaitu geometri jaringan jalan yang dilewati pengungsi saat evakuasi, kecepatan agent kondisi real, wawancara BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dan kuisioner warga. Data sekunder meliputi peta jaringan jalan Kota Bintuhan dan data jumlah penduduk. Berdasarkan hasil penelitian model ABM (Agent Based Modelling) memperlihatkan jaringan jalan dan agent-agent yang mirip dengan kondisi lapangan dan hasil validasinya membandingkan kecepatan agent simulasi dengan kecepatan agent di lapangan menghasilkan nilai R2 = 0,916. Perilaku masyarakat pada kuesioner memperlihatkan bahwa masyarakat akan mengevakuasi diri sejauh mungkin, 93% memilih untuk berlari dan 7% menggunakan sepeda motor dengan skenario waktu 10 menit, 20 menit, dan 30 menit. Pemodelan memperlihatkan ada sepuluh lokasi dimana agent belum sampai ke titik aman, setelah melakukan identifikasi dari sepuluh lokasi tersebut ada tiga lokasi yang direkomendasikan untuk dibangun shelter TVE (Tsunami Vertical evacution), yaitu area ruas M-01 Jalan Lintas Sumatra, area ruas L-01 Jalan Suka Bandung, dan area ruas D-08 Jalan Jembatan Dua. Ruas jalan yang paling banyak dilalui agent adalah ruas D-07 Jalan Jembatan Dua dan untuk agent yang tidak sampai ke titik kumpul dipastikan tidak selamat, hasil pemodelan memperlihatkan ada 73% agent yang tak sampai ke titik kumpul untuk skenario waktu 10 menit, 52% agent untuk skenario waktu 20 menit, dan 37% agent untuk skenario waktu 30 menit. Kata kunci: Kota Bintuhan, TVE (Tsunami Vertical evacution), Agent Based Modelling, NetLogo.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:02
Last Modified: 27 Jun 2024 05:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18653

Actions (login required)

View Item View Item