IMPLEMENTASI E-COURT BERDASARKAN PERMA NOMOR 1 TAHUN 2019 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK (Studi Di Pengadilan Agama Bengkulu Kelas IA)

YESI, OKTRIANI and Joko, Susetyanto and Edytiawarman, Edytiawarman (2023) IMPLEMENTASI E-COURT BERDASARKAN PERMA NOMOR 1 TAHUN 2019 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK (Studi Di Pengadilan Agama Bengkulu Kelas IA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_YESI OKTRIANI_compressed (1) - Yesi Oktriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik adalah bentuk nyata bahwa pengembangan teknologi di Pengadilan. Salah satu pengadilan yang telah melaksanakan E-Court adalah Pengadilan Agama Bengkulu Kelas 1A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi E-Court dan kendala dalam implementasinya di Pengadilan Agama Bengkulu Kelas 1A. Jenis penelitian merupakan penelitian Hukum Empiris. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris dengan model penelitian yuridis�sosiologis. Metode pengumpulan data manggunakan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui teknik wawancara dan pustaka. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian penulis mengambil kesimpulan bahwa: 1) Pengadilan Agama Bengkulu Kelas 1A dalam implementasi E-Court telah berdasarkan PERMA Nomor 1 Tahun 2019, namun untuk e-litigation khususnya persidangan pemeriksaan saksi masih secara manual. Pada Tahun 2020 hanya 1 perkara yang melakukan e�litigation dan tahun 2021 terdapat 4 perkara yang diselesaikan melalui persidangan secara elektronik. 2) Masih terdapat kendala dalam pengimplementasiannya berupa kendala jaringan maupun kendala SDM Pengadilan Agama Bengkulu Kelas 1A serta Advokat yang belum menguasai teknologi. Kata Kunci: E-Court, e-litigasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:13
Last Modified: 28 Jun 2024 02:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18665

Actions (login required)

View Item View Item