KAJIAN YURIDIS PIDANA MATI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DITINJAU DARI ASPEK HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA

AFRA, KAMILIYA SANTOSO and Antory, Royan and Benget, H.Simatupang (2023) KAJIAN YURIDIS PIDANA MATI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DITINJAU DARI ASPEK HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI AFRA KAMILIYA SANTOSO (B1A018017) - afra kamiliya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kekerasan seksual sangat sering terjadi baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun teman sebaya. Banyaknya isu kekerasan yang terjadi menjadi suatu ancaman yang menakutkan terutama bagi para perempuan dan terhadap anak, menjadi dasar alasan pemerintah memberlakukan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang di dalamnya memuat sanksi pidana mati dan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Tindak Pidana Kekerasan seksual yang di dalamnya tidak memuat sanksi pidana mati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sanksi pidana mati terhadap pelaku tindak pidana kekerasan seksual yang ditinjau dari aspek hukum dan hak asasi manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian hukum normatif dan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pidana mati terhadap pelaku tindak pidana kekerasan seksual diperbolehkan secara konstitusional maupun berdasarkan deklarasi universal hak asasi manusia. Adapun pidana mati bertujuan untuk mengatasi fenomena kekerasan seksual, memberi efek jera terhadap pelaku dan mencegah secara komprehensif atas terjadinya kekerasan seksual. Kata Kunci: Hak Asasi Manusia, Kekerasan Seksual, Pidana Mati.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:47
Last Modified: 03 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18730

Actions (login required)

View Item View Item