MODEL DEPENDENSI HARGA-HARGA KOMODITAS EKSPOR UNGGULAN INDONESIA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN PENDEKATAN COPULA

RIRI, SESIATI and Jose, Rizal and Yulian, Fauzi (2023) MODEL DEPENDENSI HARGA-HARGA KOMODITAS EKSPOR UNGGULAN INDONESIA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN PENDEKATAN COPULA. Masters thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
TESIS FINAL RIRI SESIATI F2F019010 - RIRI Sesiati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Ekspor merupakan sektor yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Ekspor komoditas unggulan nonmigas (kelapa sawit, karet dan kakao) menyumbang pendapatan negara terbesar dimana akan dilihat dependensi dari ketiga harga komoditas tersebut sebelum dan saat pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Copula. Copula digunakan untuk memodelkan kebergantungan antara dua variabel yang mempunyai distribusi marginal yang berbeda. Data yang akan digunakan adalah data sekunder dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) yang dimulai dari 1 Januari 2018 – 28 Februari 2020 untuk masa sebelum pandemi Covid-19 dan 1 Maret 2020 – 26 November 2021 untuk saat masa pandemi Covid-19. Kebergantungan dua variabel yang diukur adalah harga kelapa sawit, karet dan kakao sebelum dan saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Copula yang digunakan adalah Joe, Gumbel, Frank, Gaussian, Clayton, dan Student’s t. Model Copula terbaik yang diperoleh untuk dependensi kelapa sawit dan karet adalah Copula Joe, sedangkan dependensi kelapa sawit dan kakao serta karet kakao adalah Copula Clayton. Kata Kunci: Copula, Covid-19, Dependensi, Komoditas Unggulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:16
Last Modified: 04 Jul 2024 01:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item