PERLINDUNGAN HUKUM HAK PILIH BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DALAM PEMILIHAN UMUM BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILU

Berry, Adhyaksa Putera and Ardilafiza, Ardilafiza and Amancik, Amancik (2023) PERLINDUNGAN HUKUM HAK PILIH BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DALAM PEMILIHAN UMUM BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI BENG ok yes - berry adhyaksa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggolongan penyandang disabilitas mental dalam menggunakan hak pilih pada Pemilihan Umum. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, dengan metode pendekatan perundang-undangan. Hasil penelitian bahwa: (1). Penggolongan penyandang disabilitas mental dalam menggunakan hak pilih pada Pemilihan Umum dimana penyandang disabilitas mental bersifat kronik dan episodik (kambuhan). Jika periode kambuhan terjadi di hari pemilu, khususnya pada waktu pencoblosan, tentu tidak mungkin memaksakannya datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk berpartisipasi memberikan suaranya. Adanya surat rekomendasi yang dibutuhkan dari pihak yang berkompeten dalam hal ini adalah dokter yang merawat si penyandang disabilitas mental tersebut sejatinya dapat menjadi pedoman bagi penyelenggara pemilu untuk tetap dapat menjalankan proses pemilu secara langsung, umum, bebas, dan rahasia (LUBER) sehingga penyelenggara pemilu dapat mengakomodir semua masyarakat sebagai warga negara tanpa terkecuali. (2) Perlindungan atas hak pilih bagi kelompok penyandang disabilitas mental terdapat pada Pasal 350 ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum mengisyaratkan agar TPS ditentukan lokasinya di tempat yang mudah dijangkau, termasuk oleh penyandang disabilitas, tidak menggabungkan desa, dan memperhatikan aspek geografis serta menjamin setiap pemilih dapat memberikan suaranya secara langsung, bebas, dan rahasia. Kata Kunci : Disabilitas, Perlindungan, Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:07
Last Modified: 03 Jul 2024 05:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18751

Actions (login required)

View Item View Item