PELAKSANAAN PEMENUHAN AKSES PENDIDIKAN DENGAN SISTEM ZONASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BENGKULU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG DASAR

TIARA, CITRA BELLA and Ardilafiza, Ardilafiza and Beni, Kurnia Illahi (2023) PELAKSANAAN PEMENUHAN AKSES PENDIDIKAN DENGAN SISTEM ZONASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BENGKULU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG DASAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DELA PRARINA FULL B1A016010.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sistem Zonasi adalah pembagian wilayah kedalam beberapa zona. Sistem ini untuk memberikan layanan pendidikan yang bermutu secara merata bagi semua masyarakat dalam penerimaan peserta didik baru yang dilakukan oleh satuan pendidikan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini pedoman dalam pelaksanaannya mengacu pada Undang-Undang Dasar, Undang�Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021, Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 16 Tahun 2021, dan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Nomor 420/5517/DIKBUD/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi di Kota Bengkulu sudah efektif dan efisian. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian hukum empiris atau sosiologis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen dan wawancara dengan narasumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi di Kota Bengkulu masih belum cukup efektif dan efisien karena belum sepenuhnya menjamin pemenuhan hak atas pendidikan bagi peserta didik di Kota Bengkulu. Implikasi yang terjadi akibat adanya kebijakan tersebut yaitu jika dilihat dari implikasi hukum seperti adanya pemalsuan data kependudukan, penyimpangan prosedur, dan tidak adanya pengaduan satu pintu di dinas pendidikan. Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru, Sistem Zonasi, Hak, Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:37
Last Modified: 03 Jul 2024 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18752

Actions (login required)

View Item View Item