STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV/B SDN 1 KOTA BENGKULU

Afriani, Ririn and Endang, Widi Winarni and Sri, Ken Kustianti (2018) STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV/B SDN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian penggunaan pendekatan scientific dalam pembelajaran Tematik untuk peningkatan hasil belajar siswa di SDN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV/B SDN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkahlangkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada perencanaan pembelajaran, semua komponen-komponen yang ada sudah lengkap, diantaranya: (a) menetapkan tema, (b) identitas RPP, (c) menetapkan kompetensi inti/ KI, kompetensi dasar/ KD, (d) merumuskan indikator, (e) tujuan pembelajaran, (f) materi pembelajaran, (g) pendekatan/metode, (h) alat/media, (i) sumber pembelajaran, (j) penilaian; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific secara baik. 3) Guru telah melaksanakan penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran guru telah melaksankan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi pembelajaran Tematik dengan menerapkan pendekatan scientific secara optimal dan efektif. Kata Kunci: pendekatan scientific, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:39
Last Modified: 15 Jul 2019 04:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item