PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Setiawan, Rozi and Endang, Widi Winarni and Nani, Yuliantini (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dari 72 SD Negeri Kota Bengkulu yang menerapkan Kurikulum 2013 dan terakreditasi A. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VB SD Negeri 02 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 siswa dan kelas VB SD Negeri 09 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol berjumlah 33 siswa, dan kelas VI SD Negeri 81 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 7 butir soal dengan bentuk soal uraian. Hasil uji t gain skor didapatkan harga thitung sebesar 2,50 lebih besar dari harga ttabel sebesar 2,00 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh bahwa: terdapat pengaruh penggunaan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Think Pair Share (TPS), dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:33
Last Modified: 15 Jul 2019 04:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18771

Actions (login required)

View Item View Item