PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP BANK DAN NASABAH DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi di Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu)

Muhammad, Dwi Wahyu Ramadhan Mawardi and Emelia, Kontesa and Edi Hermansyah, Edi Hermansyah (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP BANK DAN NASABAH DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi di Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI M. DWI WAHYU RAMADHAN M (B1A118013) (1) - Muhammad Dwi Wahyu R M.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perlindungan terhadap bank dan nasabah dalam perjanjian pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kedudukan jaminan Sertipikat Hak Milik (SHM) yang tidak dibebankan hak tanggungan terhadap nasabah dengan perjanjian pembiayaan murabahah yang mengalami kendala di Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, yang mana dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan melalui proses editing. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perlindungan hukum terhadap bank dan nasabah dalam perjanjian pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dibagi menjadi dua yaitu secara preventif dan secara represif. Kedudukan jaminan Sertipikat Hak Milik (SHM) sebagai jaminan yang tidak dibebankan hak tanggungan, sebagaimana tidak adanya aturan yang mengatur mengenai diperbolehkan perbuatan tersebut, maka perbuatan Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu dalam meminta dan menahan jaminan SHM yang tidak dibebankan hak tanggungan tidak dibenarkan secara hukum, oleh sebab itu Bank Syariah Indonesia Kota Bengkulu harus menjalankan perjanjian murabahah sesuai dengan apa yang sudah disepakati sebelumya antara bank dengan nasabah, yang mana hal ini tentunya dengan mengembalikan jaminan Sertipikat Hak Milik (SHM) yang tidak dibebankan hak tanggungan kepada nasabah sebagai pemilik SHM. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pembiayaan Murabahah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:48
Last Modified: 05 Jul 2024 04:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item View Item