TINJAUAN PSIKOLOGI KRIMINAL TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM TINDAK PIDANA ASUSILA DI KOTA BENGKULU

NEZA, LUCKITANINGTYAS and Sudirman, Sitepu and Stevri, Iskandar (2023) TINJAUAN PSIKOLOGI KRIMINAL TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM TINDAK PIDANA ASUSILA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tinjauan Psikologi Kriminal Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum Dalam Tindak Pidana Asusila Di Kota Bengkulu - Dinn Xien.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Anak yang melakukan tindak pidana asusila adalah anak yang melanggar hukum yang mana perbuatan ini merupakan pelanggaran terhadap norma di dalam masyarakat maupun dalam perspektif hukum di Indonesia. Perbuatan itu berasal dari kepribadian dan proses belajar anak yang mana anak berada dalam masa trail and error sehingga tidak jarang anak dalam masa perkembangannya mengalami perubahan perilaku dan juga di dorong oleh lingkungan sehingga mengakibatkan ia melakukan suatu tindak pidana dan berkonflik dengan hukum. Banyaknya kasus yang melibatkan anak sebagai pelaku tindak pidana asusila membuktikan bahwa anak juga memerlukan perhatian dari lingkungan sekitar termasuk Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi anak dalam melakukan suatu tindak pidana asusila dilihat dari Psikologi Kriminal dan pendampingan yang dilakukan oleh Psikolog serta Pembimbing Kemasyarakatan dalam menangani anak yang berkonflik dengan hukum dalam tindak pidana asusila. Penelitian dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kota Bengkulu, Balai Pemasyarakatan Kelas II Bengkulu, dan Psikolog di Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara dan dokumentasi yang mana data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang melakukan perbutan asusila disebabkan karena ada dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal yang mana kepribadian dan pola asuh yang salah merupakan faktor internal serta proses belajar, lingkungan anak dan media sosial termasuk ke dalam faktor ekternal yang juga mempunyai peranan yang besar. Pendampingan yang dilakukan oleh Psikolog dan Pembimbing Kemasyarakatan dalam mendampingi supaya anak menjadi lebih baik pada saat kembali ke lingkungan sosialnya sehingga anak dapat beradaptasi kembali dan menjadi masyarakat yang baik. Kata kunci : Anak, Hukum, Kesusilaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:51
Last Modified: 08 Jul 2024 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item