PERAN JAKSA EKSEKUTOR DALAM MELAKSANAKAN PUTUSAN PENGADILAN TERHADAP TERPIDANA KORUPSI YANG MELARIKAN DIRI DI KOTA BENGKULU

MUHAMMAD, KAZAMULI LOTA and Antory, Royan and Lidia, Br. Karo (2023) PERAN JAKSA EKSEKUTOR DALAM MELAKSANAKAN PUTUSAN PENGADILAN TERHADAP TERPIDANA KORUPSI YANG MELARIKAN DIRI DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS KAZA - KAZAMULI LOTA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kewenangan melaksanakan putusan hakim eksekusi terpidana tindak pidana korupsi yang melarikan diri di Kota Bengkulu adalah Jaksa. Maka Kejaksaan mempunyai peran dalam melakukan putusan hakim haruslah perkara yang sudah diputus mempunyai kekuatan hukum. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui peran jaksa eksekutor dalam melaksanakan putusan pengadilan terhadap terpidana korupsi yang melarikan diri di Kota Bengkulu. (2). Untuk mengetahui hambatan jaksa eksekutor dalam melaksanakan putusan pengadilan terhadap terpidana korupsi yang melarikan diri di Kota Bengkulu. Metode penelitian dari segi sifatnya adalah metode penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian hukum empiris. Hasil penelitian bahwa: (1). Peran jaksa eksekutor dalam melaksanakan putusan pengadilan terhadap terpidana korupsi yang melarikan diri di Kota Bengkulu, belum maksimal karena masih ditemukan terpidana korupsi yang melarikan diri sehingga menghambat pelaksanaan putusan hakim pengadilan negeri yang sudah diputus mempunyai kekuatan hukum. (2). Hambatan jaksa eksekutor dalam melaksanakan putusan pengadilan terhadap terpidana korupsi yang melarikan diri di Kota Bengkulu yaitu; terpidana korupsi merupakan tahanan kota., salinan putusan yang disampaikan pengadilan terlampau lama sampai di kejaksaan, dan minimnya sarana dan prasarana pelacakan jaksa eksekutor, serta minimnya jumlah sumber daya manusia jaksa eksekutor. Kata Kunci: Peran, Jaksa Eksekutor, Putusan Pengadilan, Terpidana Korupsi, Melarikan Diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:42
Last Modified: 08 Jul 2024 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18825

Actions (login required)

View Item View Item