PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN, PEMAHAMAN, KEMUDAHAN DAN MANFAAT YANG DIRASAKAN WAJIB PAJAK UMKM TERHADAP KEPATUHAN MEMILIKI NPWP (STUDI PADA WAJIB PAJAK PEMILIK UMKM KOTA BENGKULU)

Kurniasi, Dilla and Madani, Hatta and Rini, Indriani (2018) PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN, PEMAHAMAN, KEMUDAHAN DAN MANFAAT YANG DIRASAKAN WAJIB PAJAK UMKM TERHADAP KEPATUHAN MEMILIKI NPWP (STUDI PADA WAJIB PAJAK PEMILIK UMKM KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (THESIS)
Skripsi DILLA KURNIASI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh sosialisasi perpajakan, pemahaman perpajakan, kemudahan perpajakan, manfaat yang dirasakan terhadapkepatuhan memiliki NPWP dengan menggunakan theory of planned behavior. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada Wajib Pajak UMKM di Kota Bengkulu. Jumlah kuesioner yang disebarkan adalah 155 kuesioner, tetapi hanya 93 kuesioner yang dapat diolah. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan, pemahaman perpajakan, kemudahan perpajakan, manfaat yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadapkepatuhan wajib pajak untuk memiliki NPWP. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi KPP Pratama Kota Bengkulu untuk meningkatkan target penerimaan pajak dengan cara menjaring wajib pajak untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Adapun keterbatasan penelitian ini terdapat pada jumlah kuesioner yang hanya dibagikan di beberapa kecamatan di Kota Bengkulu. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas wilayah penelitian. Kata Kunci: Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Perpajakan, Kemudahan Perpajakan, Manfaat Yang dirasakan, Kepatuhan Memiliki NPWP.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 15 Jul 2019 05:10
Last Modified: 15 Jul 2019 05:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18830

Actions (login required)

View Item View Item