IDENTIFIKASI PENGARUH KECEPATAN DAN ARAH ANGIN TERHADAP PERUBAHAN BENTUK MUARA SUNGAI (Studi Kasus: Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya)IDENTIFIKASI PENGARUH KECEPATAN DAN ARAH ANGIN TERHADAP PERUBAHAN BENTUK MUARA SUNGAI (Studi Kasus: Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya)

OKTARI, ELHA SAFITRI and Supiyati, Supiyati and Suwarsono, Suwarsono (2023) IDENTIFIKASI PENGARUH KECEPATAN DAN ARAH ANGIN TERHADAP PERUBAHAN BENTUK MUARA SUNGAI (Studi Kasus: Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya)IDENTIFIKASI PENGARUH KECEPATAN DAN ARAH ANGIN TERHADAP PERUBAHAN BENTUK MUARA SUNGAI (Studi Kasus: Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Oktari Elha Safitri - oktari elha safitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Angin adalah pergerakan udara dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Pergerakan angin mempengaruhi pergerakan arus permukaan laut. Permukaan laut yang mendekati muara sungai akan menyebabkan perubahan bentuk muara. Perubahan bentuk muara sungai disebabkan oleh angin, arus, dan proses sedimentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kecepatan dan arah angin terhadap perubahan bentuk Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya. Data yang digunakan adalah pengukuran lapangan berupa kecepatan dan arah angin, data angin dari Situs Marine Copernicus, dan bentuk muara dari USGS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran di lapangan Muara Sungai Air Rami diperoleh kecepatan angin berkisar antara 1,630 m/s– 5,210 m/s, dari arah Timur Laut, dan di Muara Sungai Selagan Jaya kecepatan angin berkisar antara 1,780 m/s–4,260 m/s, dari Tenggara. Sedangkan data angin dari Situs Marine Copernicus dengan resolusi pada Musim Peralihan 1, kecepatan angin Muara Sungai Air Rami berkisar 0,255 m/s–0,755 m/s dari arah Tenggara, arus sekitar 0,072 m/s dari arah Timur Laut–0,319 m/s dari arah Barat Laut dan Kecepatan angin di Muara Sungai Selagan Jaya 0,086 m/s dari arah Barat Laut–0,726 m/s dari Tenggara, arus sekitar 0,061 m/s dari arah Barat daya–0,363 m/s dari Timur Laut. Kata kunci: bentuk muara, angin, arus, muara sungai Air Rami, muara sungai Selagan Jaya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:24
Last Modified: 09 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item View Item