PENGARUH KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAN SEDIMENTASI TERHADAP PERUBAHAN BENTUK MUARA SUNGAI (Studi Kasus: Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya Kabupaten Mukomuko)

RANI, FUAD CAHYANI and Supiyati, Supiyati and Suwarsono, Suwarsono (2023) PENGARUH KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAN SEDIMENTASI TERHADAP PERUBAHAN BENTUK MUARA SUNGAI (Studi Kasus: Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya Kabupaten Mukomuko). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Tesis)
RANI FUAD CAHYANI - oktari elha safitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya terletak di Kabupaten Mukomuko mengalami perubahan bentuk yang cepat. Perubahan bentuk morfologi muara sungai ini karena pergerakan sedimen yang dipengaruhi oleh kecepatan arus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik morfologi dan sedimentasi terhadap perubahan bentuk Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya. Pengambilan data yang digunakan adalah pengukuran langsung di lapangan dan analisis laboratorium yang dilakukan pada bulan Maret 2023 berupa kecepatan aliran sungai, parameter debit sungai, kemiringan muara sungai, sampel sedimen, dan foto bentuk muara dari USGS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya relatif datar. Debit rata-rata sungai sebesar 23,85 m 3 /s di Muara Sungai Air Rami dan debit rata-rata sungai di Muara Sungai Selagan Jaya sebesar 73,83 m 3 /s. Pada Muara Sungai Air Rami menunjukan laju sedimentasi tertinggi sebesar 0,042 kg/s dan terendah sebesar 0,037 kg/s sedangkan pada Muara Sungai Selagan Jaya menunjukan laju sedimentasi tertinggi sebesar 0,043 kg/s dan terendah sebesar 0,038 kg/s. Influks sedimen tertinggi sebesar 1,25 m 3 /s dan terendah sebesar 0,17 m 3 /s di Muara Sungai Air Rami dan influks sedimen tertinggi sebesar 3,19 m 3 /s dan terendah sebesar 0,57 m 3 /s di Muara Sungai Selagan Jaya. Kata Kunci: sedimentasi, morfologi, debit, Muara Sungai Air Rami, Muara Sungai Selagan Jaya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:00
Last Modified: 10 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item