Investigasi Kedalaman Upper Crust dan Lower Crust di sekitar Kawasan Segmen Mentawai Zona Subduksi Sumatra dengan menggunakan Metode Gravitasi

ALDA, SULISTIANI and Ashar, Muda Lubis and Lina, Handayani (2023) Investigasi Kedalaman Upper Crust dan Lower Crust di sekitar Kawasan Segmen Mentawai Zona Subduksi Sumatra dengan menggunakan Metode Gravitasi. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Alda Sulistiani_F1H019016_Geofisika (1)_compressed - Alda Sulistiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia merupakan lempeng aktif dengan aktivitas konvergen yang menyebabkan berkembangnya zona Sesar Mentawai, dengan arah pergerakan dextral yang menerus hingga ke perairan Sunda Megathrust. Sesar Mentawai merupakan salah satu kawasan yang harus diwaspadai karena aktivitas sesarnya merupakan gempabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasikan kedalaman upper crust dan lower crust kawasan segmen Mentawai zona subduksi Sumatra dengan menggunakan metode gravitasi. Metode gravitasi merupakan metode yang digunakan untuk memodelkan lapisan bawah permukaan. Metode gravitasi pada penelitian ini mencakup analisis power spektrum pada setiap grid untuk mendapatkan estimasi kedalaman upper crust dan lower crust. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedalaman upper crust dan lower crust pada samudera sekitar 2 km dan 7 km sedangkan kedalaman upper crust dan lower crust pada benua sekitar 10 km dan 30 km. Estimasi kedalaman kerak bumi sekitar 30 km dan diilustrasikan dengan pemodelan 3D hasil cross section. Kata kunci : Sesar Mentawai, Upper Crust, Lower Crust, Metode Gravitasi, Power spektrum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:00
Last Modified: 10 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18851

Actions (login required)

View Item View Item