PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS INDUSTRI YANG ADAPTIF PADA KONDISI PANDEMI COVID-19 (PADA USAHA KULINER PELANGI FOOD KOTA BENGKULU)

Alifah, Nurah Fatonah and Meizul, Zuki and Damres, Uker (2022) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS INDUSTRI YANG ADAPTIF PADA KONDISI PANDEMI COVID-19 (PADA USAHA KULINER PELANGI FOOD KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Alifah Nurah Fatonah E1G018036 Fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pelangi Food merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah di Kota Bengkulu yang memproduksi makanan tradisional Kota Bengkulu. Pelangi Food saat ini memiliki tata letak fasilitas produksi dan kondisi lingkungan kerja yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan menerapkan rancangan ulang tata letak fasilitas setelah masa pandemi Covid-19 menggunakan metode 5S sesuai tatanan Covid-19 di UMKM kuliner Pelangi Food dan memberikan informasi mengenai keunggulan rancangan ulang tata letak fasilitas industri yang baru menggunakan metode 5S sesuai tatanan Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dan memakai rancangan penelitian sama subjek (treatment by subject design) yaitu perlakuan dikenakan pada subjek yang sama. Tata letak fasilitas industri awal berada dalam kondisi kurang baik dan belum bisa memenuhi tingkat kebutuhan karyawan dan konsumen, ruang penyimpanan kurang dimanfaatkan dengan baik, pengelompokkan alat-alat kerja yang kurang efektif, penataan ruangan yang kurang rapi dan sistematis, dan kurangnya tingkat kebersihan pada beberapa area produksi. Lalu dilakukan penelitian menggunakan metode 5S dan tatanan Covid-19 dan didapatkan tata letak fasilitas usulan yang lebih baik dan memenuhi tingkat kebutuhan karyawan dan konsumen, perubahan pemanfaatan ruang penyimpanan yang baik dan tertata rapi serta tidak terjadi penumpukkan barang/produk, pengelompokkan alat produksi yang efektif dan penataan ruangan yang rapi dan teratur, lingkungan kerja menjadi rapi, bersih, aman dan nyaman sehingga karyawan lebih bersemangat dalam bekerja dan konsumen menjadi lebih nyaman dalam berbelanja. Kemudian mampu memperbaiki lingkungan kerja yang semula berada dalam kondisi kurang baik dan belum memenuhi harapan karyawan/ konsumen menjadi lebih baik dan bisa memenuhi harapan karyawan dan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:27
Last Modified: 10 Jul 2024 03:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item