MINUMAN EMULSI MINYAK SAWIT MERAH (Red Palm Oil) DENGAN BERBAGAI VARIASI KONSENTRASI JUS JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.)

Elvira, Rosa Nasution and Budiyanto, Budiyanto and Syafnil, Syafnil (2022) MINUMAN EMULSI MINYAK SAWIT MERAH (Red Palm Oil) DENGAN BERBAGAI VARIASI KONSENTRASI JUS JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Elvira Rosa Nasution_E1G018068.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Minuman kesehatan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Minuman emulsi minyak sawit merah dan jus jambu biji merah dapat digunakan sebagai minuman kesehatan. Kandungan vitamin A yang tinggi pada minyak sawit merah dan kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu biji merah dapat menjadi sumber aktivitas antioksidan yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian sebelumnya minuman emulsi minyak sawit merah dan jus jambu biji merah memiliki viskositas yang tinggi sehingga belum ideal dijadikan sebagai minuman kesehatan. Tujuan penelitian ini menentukan pengaruh berbagai persentase jus buah jambu biji merah terhadap karakteristik minuman emulsi minyak sawit merah (Red Palm Oil) dan jus buah jambu biji merah (Psidium guajava L.) berdasarkan uji fisik (stabilitas dan viskositas), uji kimia (pH, vitamin A, vitamin C, dan aktivitas antioksidan), serta uji organoleptik (rasa, aroma, warna, keseluruhan, dan viskositas). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor perlakuan. Faktor perlakuan tersebut yaitu penambahan air 0%, 6% 12% 18% dan 30%. Parameter uji yaitu uji fisik (stabilitas dan viskositas), uji kimia (pH, vitamin A, vitamin C, dan aktivitas antioksidan), uji organoleptic (rasa, warna, aroma, kekentalan, dan keseluruhan). Data hasil pengujian fisik dan kimia dianalisis menggunakan metode Analysis of Variance (ANOVA) dan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) sementara data organoleptik dianalisis menggunakan metode Friedman Test menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan penambahan air berpengaruh nyata terhadap viskositas, vitamin A, aktivitas antioksidan, organoleptik rasa, warna, dan kekentalan namun tidak berpengaruh nyata terhadap stabilitas, pH, vitamin C, organoleptik aroma dan keseluruhan. Variasi konsentrasi jus jambu biji merah memberikan pengaruh terhadap uji fisik stabilitas pada perlakuan 0%, 6%, dan 12% yang terpisah menjadi 2 fase. Pada perlakuan 18% dan 30% terjadi 3 fase yang terpisah. Viskositas minuman emulsi minyak sawit merah dan jus jambu biji merah antara 41-319 cP. Nilai provitamin A pada penelitian ini antara 115,65- 123,18 µgRE. Kandungan vitamin C pada semua perlakuan memiliki nilai yang sama yaitu 58,96 mg/100 gram. Uji organoleptik rasa memberikan penilaian suka pada perlakuan 30%. Uji organoleptik aroma memberikan penilaian netral pada perlakuan 6%,12%, 18%, dan 30%. Uji organoleptik warna memberikan penilaian suka pada perlakuan 18% dan 30%. Uji organoleptik kekentalan memberikan penilaian netral pada perlakuan 12%, 18%, dan 30%. Uji organoleptik keseluruhan memberikan penilaian suka pada perlakuan 30%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:59
Last Modified: 10 Jul 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item View Item