TINJAUAN VIKTIMOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN DENGAN MODUS PENJUALAN MERCHANDISE DAN TIKET KONSER K-POP DI APLIKASI TWITTER

YULIANA, MARCIDES and Lidia, Br. Karo and Ria, Anggraeni Utami (2023) TINJAUAN VIKTIMOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN DENGAN MODUS PENJUALAN MERCHANDISE DAN TIKET KONSER K-POP DI APLIKASI TWITTER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
A. Skripsi (Yuliana Marcides B1A019219) - Salin - Yuliana Marcides.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Peranan korban dalam suatu tindak pidana sangat penting untuk diketahui guna mencegah dan menanggulangi tindak pidana tersebut, termasuk tindak pidana penipuan dengan modus penjualan Merchandise dan tiket konser K-Pop di aplikasi Twitter. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peranan korban dalam tindak pidana penipuan dengan modus penjualan Merchandise dan tiket konser K�Pop di aplikasi Twitter serta apa upaya penanggulangan tindak pidana penipuan dengan modus tersebut, penelitian menggunakan metode kuantitaif dan kualitatif dengan pendekatan penelitian empiris sosiologis. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder, pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Sampel penelitian 100 orang penggemar K-Pop yang pernah tertipu dengan modus penipuan demikian, dan 2 orang penyidik subdit Cyber Crime Polda Bengkulu. Analisa data menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis naratif. Hasil penelitian adalah korban berperan dalam tindak pidana penipuan dengan modus tersebut, dan upaya yang bisa dilakukan untuk menaggulangi tindak pidana penipuan dengan modus tersebut dapat dilakukan upaya non penal dengan cara memberikan edukasi kepada korban. Kesimpulan dari penelitian adalah korban berperan dalam tindak pidana penipuan dengan modus penjualan Merchandise dan tiket konser K-Pop di aplikasi Twitter, upaya penanggulangannya non penal, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dan korban untuk mencegah penimbulan korban lain ataupun terjadinya pengulangan korban. Kata Kunci : Korban, K-Pop, Merchandise, Konser, Twitter, Penipuan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:17
Last Modified: 10 Jul 2024 04:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18869

Actions (login required)

View Item View Item