PENGARUH PENAMBAHAN NaOH PADA PROSES NETRALISASI PEMBUATAN RPOO (RED PALM OIL OLEIN) TERHADAP ASAM LEMAK BEBAS DAN TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN

Ilham, Agus Saputra and Budiyanto, Budiyanto and Devi, Silsia (2022) PENGARUH PENAMBAHAN NaOH PADA PROSES NETRALISASI PEMBUATAN RPOO (RED PALM OIL OLEIN) TERHADAP ASAM LEMAK BEBAS DAN TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Ilham Agus Saputra E1G018067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Konsumsi minyak goreng sawit di Indonesia meningkat hingga menyerap rata-rata pangsa pasar sebesar 86,64 % per tahun di bandingkan dengan minyak goreng jenis lain. Peningkatan produksi ini perlu didukung dengan pengolahan minyak sawit untuk menghasilkan komoditas sawit yang beraneka ragam, salah satunya sebagai bahan baku minyak makan, seperti minyak sawit merah (RPO). Minyak sawit merah (RPO) merupakan hasil pemurnian dari minyak sawit kasar (CPO) yang memiliki kandungan karoten yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber vitamin A yang potensial. Minyak sawit merah (RPO) yang belum mengalami pemurnian mempunyai kadar ALB yang tinggi. Netralisasi adalah proses pemurnian minyak yang bertujuan untuk menghilangkan kadar asam lemak bebas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh persentase penambahan NaOH 0,15N saat netralisasi terhadap kadar asam lemak bebas (ALB), rendemen RPO, kandungan β_karoten, vitamin A dan tingkat kesukaan pada minyak sawit merah (Red Palm Oil). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor perlakuan. Faktor yang digunakan yaitu persentase NaOH 0,15N dari sampel (CPO). Masing-masing percobaan dilakukan dengan 3 kali pengulangan, sehingga terdapat 12 unit percobaan, dengan parameter pengamatan kadar asam lemak bebas (ALB), rendemen RPO, kandungan β karoten, vitamin A dan uji organoleptik (warna, aroma, keseluruhan). Analisis data untuk kadar asam lemak bebas dan rendemen RPO menggunakan ANOVA, dan analisa data untuk uji organoleptik menggunakan Friedman test. Hasil penelitian pengaruh persentase penambahan NaOH pada proses netralisasi pembuatan RPOO berpengaruh nyata terhadap kadar asam lemak bebas dan rendemen RPO. Kadar asam lemak bebas terendah sebesar 0,07% pada perlakuan 8% dan 10% NaOH, rendemen tertinggi sebesar 53,24% pada perlakuan 4% NaOH. Kandungan β-karoten yang dihasilkan yaitu berkisar antara (635,87 ppm – 645,54 ppm), dan kandungan vitamin A yaitu berkisar antara (105,97 µgRE – 107,59 µgRE). Penambahan NaOH pada perlakuan 4%, 6%, 8% dan 10% NaOH berpengaruh nyata terhadap organoleptik RPO meliputi warna, aroma dan keseluruhan (overall)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:35
Last Modified: 10 Jul 2024 04:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item View Item