TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI SAWAH TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN (Studi Kasus di BPP Gading Cempaka Singaran Pati Kota Bengkulu)

Inaludin, Inaludin and Satria, Putra Utama and Bambang, Sumantri (2018) TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI SAWAH TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN (Studi Kasus di BPP Gading Cempaka Singaran Pati Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Jadi Inaludin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bidang Pelayanan Penyuluhan BKPPP Kota Bengkulu tahun 2016, ditemukan beberapa permasalahan dalam hal penyuluhan, antara lain penyuluh jarang melakukan kunjungan, bahkan ada kelompok tani yang belum pernah dikunjungi selama periode waktu tertentu, materi penyuluhan yang kurang sesuai dengan kondisi yang ada di petani dan tingkat produktifitas pertanian yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penyuluh belum dapat memahami dan menangkap apa yang dibutuhkan oleh petani. Oleh karena itu tugas seorang penyuluh adalah berusaha mengetahui faktor-faktor yang dapat memberikan kepuasan kepada petani, karena dengan diketahuinya faktor-faktor yang dapat memberikan kepuasan kepada petani itu, penyuluh dapat mengalokasikan sumber daya secara tepat, sehingga tujuan penyuluhan dapat tercapai secara optimal (Effendy, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menganalisis tingkat kepuasan petani padi sawah terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian di BPP Gading Cempaka Singaran Pati Kota Bengkulu. 2) mengetahui tingkat kesesuaian antara variable kepentingan (harapan) dengan variable kinerja dalam menentukan atribut yang paling penting untuk diperbaiki. 3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan petani terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian. 4) menyusun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan petugas penyuluhan pertanian dimasa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja BPP Gading Cempaka Singaran Pati Kota Bengkulu. Penentuan jumlah responden menggunakan rumus slovin dan didapat 100 orang responden. Untuk menjawab tujuan dari penelitian, data yang berhasil dikumpulkan dianalisis dengan metode Indeks Kepuasan Petani (Customer Satisfaction Index), metode Importance Performance Analysis dan analisis Logit. Nilai indeks kepuasan petani di wilayah kerja BPP Gading Cempaka Singaran Pati sebesar 79,67%.. Petani merasa puas dengan kinerja penyuluh terutama pada kegiatankegiatan berikut: 1) penyusunan data potensi wilayah dan agroekosistem; 2) memandu penyusunan RDKK; 3) menyusun progama penyuluhan; 4) membuat rencana kerja tahunan; 5) evaluasi pelaksanaan penyuluhan; 6) membuat laporan pelaksanaan penyuluhan. Tingkat kinerja dari masing-masing indicator atribut secara keseluruhan relative lebih kecil dari pada tingkat kepentingan, kecuali ada satu indicator atribut yang memiliki kinerja lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kepentingannya yaitu indikator “Memandu P en yusunan R DKK” . Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh antara lain pendidikan penyuluh, kegiatan persiapan, dan pelaksanaan kegiatan. Cara yang dapat ditempuh agar petani merasa lebih puas terhadap kinerja penyuluh adalah dengan melakukan perbaikan pada kegiatan-kegiatan berikut: 1) melaksanakan materi penyuluhan; 2) binaan dalam bentuk kunjungan; 3) meningkatkan produksi unggulan di wilayah binaan; 4) binaan dalam bentuk demonstrasi; 5) menumbuhkan kelembagaan ekonomi. Kata Kunci: Penyuluh Pertanian, CSI, IPA dan Logit

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:57
Last Modified: 03 Jul 2019 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item View Item