STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY“KOPI AK TANJUNG SAKTI” DI DESA GUNUNG RAYA TANJUNG SAKTI PUMU KABUPATEN LAHAT

Indah, Anggraini and Damres, Uker and Meizul, Zuki (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY“KOPI AK TANJUNG SAKTI” DI DESA GUNUNG RAYA TANJUNG SAKTI PUMU KABUPATEN LAHAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thersis)
Skripsi Indah Anggraini_E1G018119.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Coffea adalah tanaman berbentuk pohon yang beberapa diantaranya menjadi bahan dasar pembuatan minuman penyegar kopi. Genus ini memiliki sekitar 100 spesies itu hanya dua yang memiliki nilai-nilai perdagangan penting yaitu Coffea Canephora dan Coffea Arabica. Kopi adalah salah satu tanaman perkebunan yang penting karena dua hal. Yang pertama adalah dari sisi produksi. Salah satu usaha home industry yang ada di Tanjung Sakti yaitu home industry Kopi AK milik Bapak Hengki Pirmansyah, usaha ini telah dimulai sejak tahun 2017 yang terletak di Desa Gunung Raya Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan home industry “Kopi AK Tanjung Sakti” di Desa Gunung Raya Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat dan menyusun strategi pengembangan home industry “Kopi AK Tanjung Sakti” di Desa Gunung Raya Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat. Penelitian ini dilaksanakan di home industry “Kopi AK Tanjung Sakti” di Desa Gunung Raya Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan pada bulan Maret-April 2022. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT yang berisi matriks IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (Eksternal Factor Evaluation), dan matriks SWOT. Hasil dari analisis IFE dan EFE terdapat 11 faktor kunci pada faktor internal (kekuatan dan kelemahan) yaitu harga produk terjangkau, produk yang dihasilkan bervariasi, lokasi usaha strategis, kualitas produk terjamin, citra merk yang baik, produk bertahan dalam waktu lama, memiliki kebun sendiri, alat produksi yang belum memadai, kapasitas produksi yang memenuhi, kapasitas gudang penyimpanan yang belum memadai dan permintaan konsumen yang belum terpenuhi, sedangkan 7 faktor eksternal (peluang dan ancaman) yaitu hubungan yang baik dengan pemasok bahan baku, loyalitas konsumen terhadap produk, perkembangan teknologi yang tepat, stabilitas harga bahan baku, munculnya pesaing dengan produk sejenis dan kurangnya bahan baku saat bukan musim panen. Hasil analisis matriks IFE menunjukkan bahwa skor total sebesar 2,959 dengan skor kekuatan 1,822 dan skor kelemahan 1,137 ini menunjukkan bahwa pengembangan home industry Kopi AK bisa memanfaatkan kekuatan internalnya dan dapat mengatasi kelemahan yang ada, sedangkan hasil analisis matriks EFE iii iv menunjukkan bahwa skor total sebesar 2,782 dengan skor peluang 1,678 dan skor ancaman 1,104 hal ini menunjukkan bahwa home industry Kopi AK memiliki peluang yang baik dan juga dapat meminimalkan ancaman yang ada. Hasil analisis diagram SWOT menunjukkan bahwa posisi home industry Kopi AK Tanjung Sakti berada pada kuadran I yang memiliki kekuatan yang kuat dan dapat memaksimalkan peluang yang ada. Alternatif Strategi yang tepat untuk mengembangkan home industry Kopi AK adalah strategi S-O yaitu: menjalin kerja sama yang baik dengan pemasok bahan baku, meningkatkan jumlah produksi untuk memenuhi permintaan konsumen dan memanfaatkan teknologi yang tepat seperti teknologi produksi dan teknologi informasi berupa media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:46
Last Modified: 10 Jul 2024 04:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18876

Actions (login required)

View Item View Item