Jaringan Sosial dalam Jaringan Pemasaran Hasil Ternak Ayam Broiler PT. Mitra Ternak Sejahtera (PT. MTS)

Hagetelate, Rasdah and Purwadi, Eka Tjahjono and Marwan , Arwani (2009) Jaringan Sosial dalam Jaringan Pemasaran Hasil Ternak Ayam Broiler PT. Mitra Ternak Sejahtera (PT. MTS). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Rasdah Hagetelate-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk hubungan jaringan sosial dalam jaringan pemasaran hasil ternak ayam broiler yang terjalin dari perusahaan (PT.MTS) selaku pihak produsen (penyedia ternak) hingga sampai ke tangan pedagang pengecer ayam broiler di Pasar Baru Koto II, Pasar Minggu dan Pasar Panorama Kota Bengkulu. Penelitian di lakukan dari bulan Agustus hingga bulan September 2009. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriftif. Analisis hasil penelitian menggunakan Paradigma Prilaku Sosial dengan mengacu kepada Teori Pertukaran (Exchange) Peter Blau. Hasil penelitian di lapangan mengindentifikasikan bahwa dalam jaringan pemasaran hasil ternak ayam broiler terdapat hubungan sosial yang terjalin antar setiap idividu. Fakta di lapangan menunjukan bahwa hubungan sosial yang mendasari diantaranya: Pertama, di dalam jaringan pemasaran hasil ternak ayam broiler, PT. MTS bermitra dengan peternak rakyat dengan pola hubungan Inti-Plasma, hubungan kemitraan PT.MTS dengan peternak rakyat tidak semata hanya di dasarkan oleh faktor ekonomi namun terdapat unsur sosial yang mendasarinya, seperti pada perekrutan anggota peternak rakyat mitra perusahaan juga didasari oleh faktor kekerabatan dan pertemanan. Kedua, hubungan kerjasama antara perusahaan PT.MTS dengan broker, pihak perusahaan bekerjasama dengan broker yang menguasi pasar yang di dasari oleh hubungan yang bukan semata karena alasan ekonomi, akan tetapi juga hubungan sosial seperti kekerabatan dan pertemanan serta dasar hubungan kepercayaan yang diperoleh melalui proses tertentu. Ketiga : para broker dalam menyalurkan hasil ternak yang di peroleh dari PT.MTS hingga sampai kepada pedagang pengecer ayam broiler di Pasar juga di dasari oleh hubungan sosial, para broker lebih mementingkan dan mendahulukan ikatan kekerabatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 23 Nov 2013 11:23
Last Modified: 23 Nov 2013 11:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item